Madrid (ANTARA News) - Rafael Nadal membuat awal mengesankan dalam upayanya merebut gelar ketiga Madrid Masters, namun juara Australia Terbuka Victoria Azarenka secara mengejutkan terjengkang dari arena.

Nadal mengatasi perlawanan Benoit Paire dari Prancis dengan 6-3, 6-4 untuk menghadapi antara rekan sesama Prancis Nicolas Almagro atau Mikhail Youzhny dari Rusia untuk satu tempat di perempatfinal.

Nadal menegaskan akan disebut sombong jika mengaku favorit kuat juara setelah terdepak cepatnya petenis nomor satu dunia Novak Djokovic dari tangan Grigor Dmitrov Selasa lalu.

Tujuh kali juara Prancis Terbuka ini telah mengoleksi rekor menang kalah 27-2 sepanjang tahun ini, setelah tujuh bulan absen karena cedera lutut.

Unggulan keempat asal Spanyol David Ferrer juga maju ke babak 16 Besar setelah menang 7-5, 6-2 dari petenis Uzbekistan Denis Istomin.

Finalis tahun lalu yang menempati unggulan keenam Tomas Berdych akan bertemu Andy Murray di perempatfinal setelah menyisihkan Jerzy Janowicz 6-7 (3/7), 6-3, 6-2.

Unggulan 13 asal Jerman yang minggu lalu baru menjuarai turnamen di Munich, Tommy Haas, mengalahkan Tommy Robredo 6-3, 7-5 sementara unggulan ketujuh dari Prancis Jo-Wilfried Tsonga menundukkan petenis Belanda Robin Haase 7-6 (7/5), 7-6 (7/1).

Unggulan 14 asal Jepang Kei Nishikori akan menghadapi Roger Federer di babak ketiga setelah mengalahkan Victor Troicki 7-5, 6-2.

Di bagian putri, petenis nomor tiga dunia Azarenka disingkirkan rekannya Ekaterina Makarova 1-6, 6-2, 6-3.

Azarenka sepertinya akan mulus mencapai babak 16 Besar setelah tampil dominan melawan petenis peringkat 24 dunia itu pada set pertama.  Namun Makarova membalikkan keadaan pada set kedua, dan memaksakan set ketiga digelar yang lagi-lagi dimenanginya.

"Saya melakukan kesalahan-kesalahan yang biasanya tak saya lakukan, tapi itu terjadi setelah lama tak bermain," kata Azarenka yang tahun ini mencetak rekor menang kalah 17-0.

Dia berjanji bangkit pada turnamen-turnamen lainnya menjelang Prancis Terbuka.

Sedangkan unggulan keenam dari Jerman Angelique Kerber menjadi petenis putri pertama yang lolos ke perempatfinal setelah menang 3-6, 6-4, 7-5 dari mantan juara Prancis Terbuka dan AS Terbuka Svetlana Kuznetsova.

Unggulan 14 dari Serbia Ana Ivanovic juga lolos ke babak delapan besar setelah bangkit dari ketertinggalan 2-5 di set terakhir untuk menang atas petenis Inggris Laura Robson 5-7, 6-2, 7-6 (7/5).

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013