Jakarta (ANTARA) - Tenaga Ahli Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo menilai toleransi harus menjadi cara berpikir dan bernalar semua generasi demi menjaga semangat Bhinneka Tunggal Ika di Indonesia.

Dia menjelaskan saat ini adanya gerakan anti-keberagaman yang dapat digunakan untuk memecah-belah bangsa.

"Toleransi itu tidak hanya sekadar menghormati perbedaan, tapi toleransi sudah menjadi habitualisasi (kebiasaan, red.) bangsa. Toleransi harus menjadi cara berpikir dan bernalar semua generasi, memahami bahwa kita hidup saling berdampingan serta bersaudara. Walaupun berbeda agama atau keyakinan, kita tetap ada satu ikatan, yaitu Bhinneka Tunggal Ika," kata Romo Benny di Jakarta, Kamis.

Romo Benny lanjut menjelaskan prinsip Bhinneka Tunggal Ika merupakan bagian dari sejarah Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Bhinneka Tunggal Ika harus tetap dijaga dari ancaman kepentingan-kepentingan sesaat yang menggunakan politik sebagai alat itu untuk memecah belah bangsa ini.

Menurut dia, merawat keragaman adalah tanggung jawab seluruh anak bangsa demi keutuhan NKRI.

Baca juga: Romo Benny: Jaga nilai kebersamaan untuk perkuat toleransi

Baca juga: Romo Benny: Penguatan toleransi dan moderasi beragama prioritas 2022


"Keragaman Indonesia sangat membanggakan kita, terbukti dengan Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang memuji Indonesia karena mampu menjaga kemajemukan-nya, sehingga bangsa ini tidak bisa dipecah belah oleh ancaman politik maupun kepentingan sesaat yang membenturkan berbagai kelompok masyarakat. Kita harus bangga bahwa ancaman tersebut tidak terjadi di bumi Indonesia," tutur Romo Benny.

Dia pun mengingatkan perbedaan dan keragaman itu harus dikelola dengan baik, karena banyak negara terjebak dalam konflik berkepanjangan karena tidak dapat mengelola perbedaan yang ada.

Kehancuran negara-negara itu biasanya ditandai dengan semakin maraknya narasi intoleransi dan radikalisme bertebaran di berbagai media massa dan internet, ucap Romo Benny menambahkan.

Dia menilai jika perbedaan itu tidak dibendung dan ditanggulangi secara cepat dan efektif, maka runtuhnya peradaban suatu bangsa hanya akan menunggu waktu.

Terkait itu, dia menyampaikan Pancasila tetap harus menjadi pedoman utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sebagai warga negara Indonesia, kita harus memiliki jiwa patriotik, bangga terhadap bangsanya sendiri dengan cara berusaha mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian-nya," ujar Romo Benny.

Dia menyebut Pancasila bukan hanya ideologi hidup yang mengatur persaudaraan, gotong royong, dan kebersamaan, melainkan juga ideologi praktis dalam keseharian dan pekerjaan.

"Menjiwai Pancasila seharusnya bisa dilihat pada produk regulasi pemerintah yang muaranya akan mengarahkan berbagai lapisan masyarakat untuk hidup dalam satu kesatuan," kata dia.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023