Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Kriket Indonesia (PP PCI) Abhiram S Yadav menyebut pengambilan keputusan pemenang tanpa berlaga saat timnas kriket putri Indonesia dikalahkan Pakistan pada perempat final cabang olahraga kriket Asian Games 2022 Hangzhou, China, tidak sesuai semangat dari pelaksanaan pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Timnas kriket putri Indonesia harus menyerah tanpa berlaga dari Pakistan karena laga kedua tim batal digelar lantaran kota Hangzhou, tempat berlangsungnya laga pada Kamis, sedang diguyur hujan.

Hal ini membuat tim Pakistan yang menempati peringkat lebih tinggi dari Indonesia di Asia berhak melaju ke babak semifinal kriket Asian Games 2022.

“Laga perempat final timnas kriket putri Indonesia melawan Pakistan tidak ada hasilnya. Memang ada aturan peringkat yang lebih tinggi berhak maju ke semifinal dan itu jatuh kepada Pakistan yang menempati peringkat ke-2 Asia sedangkan Indonesia menempati peringkat ke-6 Asia,” kata Abhiram, melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

“Tetapi, menentukan pemenang tanpa pertandingan itu kan sudah tidak sesuai dengan semangat dari Asian Games yang mengutamakan persahabatan dan fair play,” lanjutnya.

Akibat keputusan yang menutup peluang Indonesia ke semifinal itu, kata Abhiram, pihaknya kini telah berkordinasi dengan Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) dengan menyiapkan berkas-berkas untuk dibahas dengan Hangzhou Organizing Committee (HAGOC) untuk mencari jalan terbaik atas keputusan yang merugikan bagi Merah Putih tersebut.

“Memang Pakistan peringkatnya lebih tinggi dari Indonesia. Tetapi, Indonesia tetap punya peluang lolos ke semifinal jika pertandingan babak perempat final itu bisa digelar. Apalagi, timnas kriket putri Indonesia on fire untuk meraih hasil maksimal,” ucap Abhiram.

Baca juga: Timnas kriket putri awali perjalanan di Asian Games dengan kemenangan

Abhiram yakin NOC Indonesia akan berusaha maksimal untuk melanjutkan protes yang disampaikan timnya. Nantinya, apapun keputusan yang dihasilkan, pihaknya akan menerima dengan lapang dada.

“NOC Indonesia sangat antusias menerima laporan yang telah kita siapkan. Dan, kami yakin NOC Indonesia akan membawanya dalam CdM Meeting. Soal apa keputusan nanti yang dihasilkan dalam CdM Meeting nanti kita akan menerimanya,” tegas Abhiram.

Laju timnas kriket putri Indonesia yang mencatatkan sejarah dengan meraih emas SEA Games 2023 Kamboja menunjukkan langkah apik di Asian Games 2022 dimana pada laga perdana, Selasa (19/9), tim asuhan pelatih asal Sri Lanka Gihan Rajith Perera itu sukses membungkam timnas putri Mongolia.

Pada Inning pertama, timnas kriket putri tampil gemilang dengan memperoleh skor fantastis 187/4, sedangkan tim lawan Mongolia hanya mampu mengumpulkan total 15/10.

Ni Made Nanda Sakarini (35 run), Ni Luh Ketut Wesika Ratna Dewi (62 run), Maria Corazon Konjeb Wombaki (22 run), dan Kasse Kisi Salisa (18 run) adalah pemain-pemain Indonesia yang menjadi kontributor utama dalam kemenangan pada babak pertama tersebut.

Pada babak kedua, Indonesia tampil dominan dengan mengakhiri permainan Mongolia hanya dengan 15 run pada akhir sembilan over.

Keunggulan dalam penampilan bowling diperlihatkan oleh Andriani, yang berhasil mengamankan 4 wicket, serta Rahmawati Dwi Pangestuti dan Ni Luh Ketut Wesika Ratna Dewi yang masing-masing dengan 2 wicket, ditambah beberapa run-out yang menghambat pergerakan Mongolia.

Baca juga: Kriket hingga sepak bola awali perjuangan Indonesia di Asian Games

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023