Jakarta (ANTARA) - Nasib nahas dialami dua klub unggulan yaitu Brighton dan Villarreal yang mengawali perjalanan pada kompetisi Liga Europa musim ini dengan menelan kekalahan dari lawan-lawannya.
 
Meski tampil ciamik pada kompetisi Liga Inggris, Brighton harus menelan kekalahan dari AEK Athens dengan skor 2-3 pada pertandingan Grup B Liga Europa di Stadion Amex, Brighton, Jumat dini hari WIB.
 
Hasil ini membuat Brighton menempati posisi juru kunci klasemen sementara Grup B Liga Europa, sedangkan AEK Athens berada di peringkat pertama.
 
Secara statistik Brighton unggul dibanding AEK Athens dengan mencatatkan 70 persen penguasaan bola serta melepaskan total 11 tendangan yang tujuh di antaranya tepat sasaran.
 
Berstatus sebagai tuan rumah, Brighton harus kecolongan terlebih dahulu setelah AEK Athens sukses mencuri keunggulan melalui gol yang dicetak oleh Djibril Sidibe memanfaatkan umpan Ehsan Hajsafi.
 
Brighton sukses menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti Joao Pedro, namun AEK Athens kembali unggul melalui gol Mijat Gacinovic.
 
Joao Pedro kembali membuat Brighton menyamakan kedudukan menjadi 2-2, melalui eksekusi tendangan penalti pada menit ke-67.
 
Brighton pun harus rela menerima kekalahan setelah AEK Athens mencetak gol ketiga melalui Ezequiel Ponce yang memanfaatkan umpan Niclas Eliasson sehingga skor berubah menjadi 3-2 pada menit ke-87.

Baca juga: Gol debut Kudus warnai kemenangan West Ham atas TSC Backa Topola
 
Sementara itu, Villarreal takluk dari Panathinaikos dengan skor 0-2 pada pertandingan Grup F Liga Europa di Stadion Olimpiade, Athena, Yunani, Jumat dini hari WIB.
 
Pada pertandingan ini Villarreal harus rela mengakui keunggulan tuan rumah setelah gawang Pepe Reina dibobol oleh Fotis Ioannidis dan Andraz Sporar.
 
Secara statistik Villarreal menguasai penguasaan bola dengan mencatatkan 58 persen, namun Panathinaikos lebih rajin dalam memberikan ancaman dengan melepaskan total 11 tendangan yang tiga di antaranya tepat sasaran.
 
Hasil ini membuat Villarreal menempati peringkat ketiga klasemen sementara Grup F Liga Europa, sedangkan Panathinaikos menduduki posisi kedua.

Baca juga: Bayer Leverkusen torehkan kemenangan telak 4-0 atas BK Haecken
 
Berikut hasil lengkap Matchday pertama Liga Europa:
 
Grup A
West Ham 3 - 1 TSC Backa Topola
Olympiacos 2 - 3 Freiburg
 
Grup B
Ajax 3 - 3 Marseille
Brighton 2 - 3 AEK Athens
 
Grup C
Rangers 1 - 0 Real Betis
Sparta Praha 3 - 2 Aris Limassol
 
Grup D
Atalanta 2 - 0 Rakow Czestochowa
Strum Graz 1 - 2 Sporting CP
 
Grup E
LASK 1 - 3 Liverpool
Union St. Gilloise 1 - 1 Toulouse
 
Grup F
Panathinaikos 2 - 0 Villarreal
Rennes 3 - 0 Maccabi Haifa
 
Grup G
FC Sheriff 1 - 2 AS Roma
Servette 0 - 2 Slavia Praha
 
Grup H
Bayer Leverkusen 4 - 0 BK Haecken

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023