memperkuat kemitraan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selaku pemegang saham
Jakarta (ANTARA) - Bank DKI membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota global melalui inisiatif transformasi digital di sektor industri perbankan.

"Inisiatif transformasi digital Bank DKI selain bertujuan untuk memperluas akses keuangan dan meningkatkan nilai tambah atas produk dan layanan, juga ditujukan memperkuat kemitraan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selaku pemegang saham," kata Direktur Teknologi dan Operasional sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono di Jakarta, Jumat.

Dalam beberapa tahun terakhir, digitalisasi telah menjadi tonggak utama dalam perkembangan industri perbankan. Menurut Amir, hal tersebut sebagai upaya menghadirkan layanan perbankan yang lebih cepat, efisien, dan aman.

Adapun Bank DKI terus melakukan sejumlah pengembangan produk dan layanan digital, di antaranya aplikasi JakOne Mobile sebagai super apps, dengan berbagai fitur yang dapat mengakomodir berbagai kebutuhan transaksi keuangan harian secara digital meliputi pembayaran tagihan, pajak, retribusi, belanja online, top up uang elektronik maupun transaksi QRIS.

Selain itu, sebagai upaya mendukung perkembangan para pelaku UMKM, Bank DKI hadir dengan layanan JakOne Abank yang dapat memberikan nilai tambah bagi pengembangan usaha melalui sistem keagenan.

Bank DKI juga terus melakukan pengembangan aplikasi digital lending dengan tujuan menghadirkan kemudahan proses pengajuan kredit atau pembiayaan.

Pada kesempatan yang berbeda, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi mengatakan transformasi digital menjadi langkah penting dalam menjawab kebutuhan pelanggan dan mendukung perkembangan ekonomi dan sosial di daerah.

Oleh karena itu, Bank DKI berkomitmen untuk terus berinovasi dan menyediakan solusi perbankan digital terbaik bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

Sebagai informasi, saat ini Bank DKI juga telah melakukan berbagai inisiatif untuk memperluas akseptasi produk transaksi digital berbasis kartu, JakCard mulai dari tiket elektronik di berbagai jaringan transportasi di Kota Jakarta, seperti jaringan JakLingko, Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, hingga yang terbaru yakni jaringan KRL dan LRT Jabodebek.

JakCard Bank DKI juga dapat digunakan sebagai tiket masuk di sejumlah tempat wisata kelolaan Pemprov DKI Jakarta, hingga pembayaran di sejumlah ruas tol seperti Jagorawi, JORR, Bogor Outer Ring Road, ruas tol dalam kota hingga tol Bali-Mandara.

Baca juga: Kendalikan inflasi pangan, BI Jakarta tanam 1.600 bibit cabai

Baca juga: Bank DKI ajak pelajar rencanakan dana pendidikan dengan tabungan

Baca juga: Bank DKI gandeng SPE Solution perluas layanan keuangan digital
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023