Kita semua menginginkan agar daerah ini tetap aman dan damai. Masyarakat di seluruh penjuru Pohuwato diharapkan tetap beraktivitas normal dan tidak terprovokasi
Gorontalo (ANTARA) - Ulama meminta masyarakat di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, untuk menahan diri dan tetap tenang pascainsiden pembakaran kantor bupati dan perusakan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang terjadi pada Kamis (21/9).

Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Pohuwato KH Abdullah Aniq Nawawi mengatakan hal itu di Gorontalo, Jumat, untuk menenangkan kondisi masyarakat setempat.

Ia menyampaikan delapan butir pesan untuk masyarakat. Pertama, agar semua pihak menahan diri dan tidak memperpanjang tindakan kekerasan yang terjadi dan berasal dari pihak manapun, serta menegaskan bahwa tindakan kekerasan tidak dibenarkan dalam pandangan agama.

Baca juga: 650 personel Polri dikerahkan amankan demonstrasi di Pohuwato

Kedua, mendorong semua pihak untuk segera memperbaiki pola komunikasi dan segera menghadirkan solusi penyelesaian persoalan tambang, dengan memastikan agar masyarakat penambang Pohuwato dipenuhi hak-haknya, serta diberikan afirmasi dan fasilitasi.

Ketiga, mengingatkan bahwa tugas utama pemerintah adalah memastikan kemaslahatan untuk masyarakat luas sesuai kaidah fikih tasharrufu al-imam ‘ala ar-ra’iyyah manuthun bi al-mashlahah. Ia juga mengimbau agar masyarakat agar bersama-sama membuat situasi Pohuwato kondusif.

Keempat, mendorong kepada semua pihak untuk tenang dan saling menenangkan, baik pemerintah dan masyarakat. Pemerintah pun, lanjutnya, harus mendengarkan aspirasi rakyat dengan sebaik-baiknya sehingga kepentingan investasi tidak mengorbankan masyarakat umum.

Baca juga: Gubernur Gorontalo sesalkan pembakaran kantor Bupati Pohuwato

Kelima, mendorong seluruh ormas Islam setempat, terutama dari Nahdlatul Ulama (NU), untuk memerankan fungsi mas’uliyyah ijtima’iyyah (tugas sosial-kemasyarakatan), yaitu menjembatani komunikasi dan pemberdayaan antara masyarakat dengan pihak pemerintah agar hajat hidup masyarakat terpenuhi.

Keenam, mengimbau kepada seluruh kader Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah agar berperan aktif dalam menjaga stabilitas daerah dan mengawal aspirasi masyarakat sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kader.

Baca juga: Kerusuhan Pohuwato, Pemkab: Semua pegawai kantor bupati selamat

Ketujuh, mengimbau kepada segenap alumni Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah dan seluruh jamaah agar melakukan upaya spiritual-batin dalam menjaga kedamaian Pohuwato serta Gorontalo pada umumnya dengan memperbanyak membaca Shalawat Asyghil dan Istighfar.

Kedelapan, mendesak diadakan nya mediasi terhadap para pihak oleh lembaga yang netral untuk menjaga kondusif-nya daerah.

"Kita semua menginginkan agar daerah ini tetap aman dan damai. Masyarakat di seluruh penjuru Pohuwato diharapkan tetap beraktivitas normal dan tidak terprovokasi," imbuhnya.

Baca juga: Gubernur Gorontalo pastikan pelayanan pemerintahan di Pohuwato normal 
 

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023