Jakarta (ANTARA) -
Puding pisang merupakan makanan penutup klasik yang terkenal di wilayah Amerika dan sudah dinikmati dari generasi ke generasi.

Camilan lembut puding pisang memiliki tekstur seperti custard dan memadukan lapisan wafer vanila serta irisan pisang untuk perpaduan tekstur dan rasa yang lezat.
 
Baik disajikan hangat atau dingin, puding pisang bisa memuaskan semua pecinta makanan manis. Resepnya cukup sederhana, terdiri dari irisan pisang, campuran puding rasa vanilla, dan lapisan wafer.
 
Berikut cara membuat puding pisang yang mudah dengan bahan-bahan yang bisa anda temui di dapur, seperti ditulis laman Gulf News, Kamis (21/9).
 
Bahan-bahan:
200 gram susu kental manis
150 mililiter air dingin
1/2 kotak campuran puding instan (bubuk gelatin rasa vanila)
100 gram krim kental
300 gram pisang (setengah matang)
 
Cara membuat:
1. Pertama, buat adonan puding. Campur susu kental manis dan air dalam mangkuk hingga tercampur rata.

Tambahkan campuran puding instan dan aduk ke dalam campuran susu selama 1 hingga 2 menit. Tutup dan masukkan ke dalam lemari es setidaknya selama 4 hingga 5 jam.
 
2. Di mangkuk lain, kocok krim kental dengan pengocok listrik. Setelah lembut, tambahkan ke dalam adonan puding dan aduk rata.
 
3. Ambil mangkuk besar untuk menyusun puding. Susun selapis wafer di dasar piring, kupas dan iris pisang dan tambahkan di atas wafer.
 
Tuang adonan puding hingga menutupi pisang dan wafer seluruhnya.
 
4. Ulangi proses pelapisan dengan sisa bahan, jika diperlukan.
 
Tutupi dengan cling film atau plastic wrap dan masukkan ke dalam kulkas selama 4 hingga 5 jam.
 
Sajikan dingin dengan hiasan irisan pisang lagi dan wafer tumbuk. Sajikan puding dalam waktu 8 jam setelah dibuat untuk menghindari pisang menjadi kecoklatan dan wafer basah.
 
Beberapa saran yang perlu menjadi pertimbangan dalam membuat puding pisang adalah pilih pisang setengah matang atau agak mentah, yang cenderung cepat berwarna kecokelatan. Untuk mencegah pisang berubah kecokelatan, pastikan semuanya terendam dalam campuran puding.
 
Jika puding vanila instan tidak tersedia, gunakan bubuk gelatin rasa vanila sebagai gantinya. Campurkan 10 gram bubuk gelatin rasa vanila dengan susu kental manis dan air, lalu masak dengan api kecil selama 2 hingga 3 menit.

Setelah dingin hingga mencapai suhu kamar, dinginkan adinan selama 3 hingga 4 jam di dalam kulkas sebelum menambahkan krim kocok.
 
Jika krim kental tidak tersedia, gantinya dengan krim kocok non-susu.
 
Kue shortbread juga dapat digunakan sebagai pengganti wafer, dan puding juga dapat disusun dalam cangkir-cangkir kecil tersendiri untuk penyajian yang lebih menarik.

Baca juga: Menu Ramadhan - Puding labu kuning

Baca juga: Resep membuat kue keju Jepang yang lembut

Baca juga: Aneka smoothies untuk redakan sembelit

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023