Untuk Sasana Wirabuana dan Kostrad akan diikuti petinju senior. Sedangkan Sasana AMA Makassar akan fokus pada kelas junior. Seluruh atlet akan berangkat pada Minggu (12/5),"
Makassar (ANTARA News)- Pengprov Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sulawesi Selatan akan menurunkan 18 petinju terbaiknya menghadapi Kejuaraan Nasional Tinju Piala Mangindaan di Manado, Sulut, 13-18 Mei 2013.

Sekretaris Umum Pertina Sulsel Abdi Amahoru, di Makassar, Kamis, mengatakan, seluruh atlet berasal dari tiga sasana diantaranya Sasana Wirabuana (4 atlet), Sasana Kostrad (7 atlet) serta Sasana AMA Makassar dengan tujuh atlet.Tim Sulsel juga mengikutkan tujuh ofisial dari sasana masing-masing.

"Untuk Sasana Wirabuana dan Kostrad akan diikuti petinju senior. Sedangkan Sasana AMA Makassar akan fokus pada kelas junior. Seluruh atlet akan berangkat pada Minggu (12/5)," jelasnya.

Kontingen Sulsel, kata dia, pada awalnya juga akan melibatkan sasana Bantaeng dan Takalar. Namun kedua sasana tersebut hingga kini belum memberikan kepastian keberangkatan. Pihaknya berharap seluruh atlet yang tampil bisa membuktikan kualitasnya di kejurnas tersebut.

Mengenai target di Piala Mangindaan 2013, pihaknya berharap beberapa atlet bisa masuk sebagai finalis. Beberapa atlet yang dianggap berpotensi mewujudkannya yakni Zada, Charles (Kostrad) serta Jefri dari Wirabuana.

"Zada dan Charles memiliki pengalaman tampil di pra PON 2011. Keduanya juga tampil cukup menjanjikan dalam beberapa kesempatan termasuk Sarung tinju Emas (STE) Makassar 2012," katanya.

Menghadapi Piala Mangindaan 2013, kata dia, Pengprov Pertina Sulsel terpaksa tidak bisa menurunkan sejumlah atlet terbaiknya. Sebab beberapa petinju yang lain akan disiapkan menghadapi kejurnas elit di Lahat, Sumatera Selatan, 20-27 Mei 2013.

Pelaksanaan Piala Mangindaan 2013 sebelumnya memang direncanakan 27 April- 5 Mei 2013. Namun dengan beberapa alasan sehingga diundur yang justru berdekatan dengan jadwal Kejurnas Elit Lahat 2013.

"Carles dan Zada yang juga kita siapkan di kejurnas Lahat terpaksa tidak tampil karena ikut di Piala Mangindaan, dan begitupun sebaliknya. Namun saat ini kita lebih fokus ke Piala Mangindaan karena akan diikuti petinju dari Malaysia dan Singapura," ujarnya.

Wakil ketua panitia Mangindaan Cup 2013 Jootje Mada, menyatakan, kejuaraan Mangindaan Cup 2013 akan mempertandingkan beberapa kategori mulai dari junior, junior utama dan senior. Selain itu juga dipertandingkan kejuaraan ekshibisi untuk kategori di bawah 12 tahun dan di bawah 10 tahun.

Untuk kategori junior dan junior utama putra-putri, kata dia, hanya akan diikuti para petinju dari sasana yang ada di Sulut sedangkan senior putra-putri diikuti umum.

Kejuaraan ini, menurut dia, dapat berdampak positif bagi perkembangan olahraga tinju di Sulut. Kejuaraan ini juga diharapkan mampu menggairahkan kembali sasana-sasana tinju yang ada di daerah itu.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013