Mudah-mudahan dengan pembangunan industri hilirisasi smelter di JIIPE Gresik mampu menciptakan hilirisasi smelter foil tembaga. Mudah-mudahan mampu mendatangkan banyak investor dari RRC ke Jatim
Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa berharap kerja sama dengan Republik Rakyat China (RRC) semakin erat di berbagai bidang, termasuk ekonomi.

"Kami mengucapkan selamat atas peringatan 74 tahun berdirinya RRC," kata Khofifah melalui keterangan tertulisnya di Surabaya, Jumat.

Mantan Menteri Sosial itu menghadiri peringatan 74 tahun berdirinya RRC yang digelar Konsulat Jenderal RRC di Surabaya pada Kamis malam, 21 September 2023.

Dalam kesempatan itu, Khofifah menyatakan harapannya agar hubungan kerja sama di bidang ekonomi, pendidikan dan budaya antara Indonesia, khususnya Jatim, dengan RRC akan dibangun dengan semakin baik ke depan.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), investasi RRC pada periode 2010 hingga triwulan II-2023 tercatat sebanyak 23 bidang usaha yang tersebar di 8 kabupaten/ kota wilayah Jatim dengan nilai investasi sebesar 490,22 juta dolar AS.

Secara rinci, investasi bidang usaha terbesar RRC di Jatim secara urut yaitu industri makanan, mineral non logam, logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya, serta perdagangan dan reparasi.

Khofifah mengungkapkan, investasi RRC di Jatim pada sektor industri manufaktur cukup strategis.

"Bahkan investasi ini mampu memberikan hilirisasi produk yang berdampak pada tumbuhnya perekonomian masyarakat," katanya.

Khofifah meyakini Jatim dan RRC punya visi yang sama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga kerja sama ke depan akan terjalin semakin erat.

Terlebih Jatim memiliki banyak kawasan industri. Salah satunya sedang mencanangkan industri hilirisasi smelter di JIIPE Gresik yang menurut dia akan menarik banyak investor, termasuk dari China.

"Mudah-mudahan dengan pembangunan industri hilirisasi smelter di JIIPE Gresik mampu menciptakan hilirisasi smelter foil tembaga. Mudah-mudahan mampu mendatangkan banyak investor dari RRC ke Jatim," ucap Khofifah.

Konsul Jenderal RRC di Surabaya Xu Yong menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah di semua tingkatan atas kerja sama yang telah terjalin selama ini.

Menurut dia, perekonomian RRC memiliki ketahanan yang kuat sehingga berperan besar pada pemulihan ekonomi global dengan mengusung konsep pembangunan modern namun tetap fokus pada koordinasi, inovasi, penghijauan dan keterbukaan bagi kesejahteraan umum semua rakyat.

"Kami terbuka dengan kerja sama baru dengan negara-negara serta pemerintah daerah di berbagai wilayah. Kami pun juga akan turut mendukung terciptanya perdamaian dan keamanan global," ucapnya.

Baca juga: Pemprov Jatim berkomitmen kuatkan ekosistem ekonomi kreatif

Baca juga: Gubernur Jatim harap kehadiran MCC mampu tekan pengangguran

Baca juga: Gubernur Jatim tinjau pasar murah stabilisasi harga beras di Situbondo

Pewarta: Abdul Hakim/Hanif Nashrullah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023