Jakarta (ANTARA) - Atlet voli indoor putra Hernanda Zulfi dan atlet wushu putri Nandhira Mauriskha terpilih menjadi pembawa bendera Merah Putih dan papan nama Indonesia dalam defile kontingen Indonesia pada upacara pembukaan Asian Games 2022 Hangzhou, China, Sabtu malam waktu setempat di Hangzhou Olympic Sports Centre.

Pada pembukaan pesta olahraga terbesar di Asia itu, Hernanda Zulfi akan memakai pakaian adat lengkap dari Pulau Rote, pulau di ujung paling selatan Indonesia yang masuk dalam wilayah Nusa Tenggara Timur. Sementara itu Nandhira akan mengenakan baju kurung adat Betawi.

“Iya alhamdulillah yang pasti saya bangga banget bisa terpilih untuk menjadi pembawa bendera Indonesia mewakili kontingen. Rasa nervous pasti ada, tapi sedikit saja,” kata Hernanda melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu.

“Sebuah kehormatan dan kebanggaan buat saya untuk bisa mewakili atlet Indonesia mengenakan pakaian adat untuk pembukaan nanti. Pastinya kesempatan ini juga memotivasi saya untuk bisa memberikan hasil yang terbaik di Asian Games ini dan berharap bisa mengibarkan bendera Merah Putih di podium nanti,” ucap Nandhira.

Dua atlet terpilih yang mewakili atlet yang berdiri paling depan dalam defile tim Indonesia itu merupakan dua atlet berprestasi yang dimiliki Indonesia.

Hernanda yang merupakan pevoli yang berposisi sebagai middle blocker itu bukanlah nama asing di dunia bola voli Tanah Air karena telah beberapa kali mengharumkan tim voli Indonesia di ajang Internasional seperti saat meraih medali emas di tiga ajang SEA Games, 2019, 2021 dan 2023.

Sementara itu, Nandhira yang merupakan adik kandung mantan atlet wushu Indonesia Achmad Hulaefi, adalah peraih medali perak di SEA Games Vietnam 2021 di nomor Women's Taolu Jianshu.

Ikut dalam rombongan defile tim Indonesia vice Chef de Mission (CdM) Jadi Rajagukguk, Deputi II tim CdM Thomas Setiabudi Aden, serta Deputi III tim CdM Dadang Rukmana yang akan mengenakan baju adat dari Jawa Barat. Selain itu, ada juga perwakilan dari Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) dan atlet dari berbagai cabang olahraga lainnya.

Asian Games 2022 Hangzhou akan terselenggara mulai 23 September sampai 8 Oktober. Indonesia akan mengikuti 30 cabang olahraga pada ajang empat tahunan itu dengan sebanyak 413 atlet yang diberangkatkan.

Adapun terkait target medali pada Asian Games 2022, Indonesia memasang target meraih 12 medali emas dan juga diharapkan kontingen Merah Putih finis pada posisi posisi 12 besar.


Baca juga: Tim voli putra Indonesia gagal ke semifinal setelah dikalahkan China
Baca juga: Asian Games Hangzhou, pesta olahraga yang ingin memukau dunia
Baca juga: Hangzhou siap buka Asian Games ke-19 dengan elemen digital dan budaya
Baca juga: OCA sebut Asian Games Hangzhou edisi tercerdas dan ramah lingkungan


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023