Jakarta (ANTARA) - Pengguna iPhone 15 series kini bisa terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi dengan memanfaatkan jaringan Local Network Access (LAN) yang bisa disambungkan dengan adaptor USB type C yang kini tersedia di semua jenis iPhone 15.

Dalam laporan Macrumors, Jumat (22/9), dengan adanya kehadiran adaptor USB type C di lini baru iPhone tersebut maka pengguna bisa menggunakan adaptor USB ke Ethernet.

Apple pun telah mengonfirmasi fitur ini lewat dokumen dukungan iPhone 15 yang dirilis mengenai adaptor USB ke untuk tersambung ke Ethernet yang kompatibel dengan iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max.

Baca juga: Ini pembaruan iOS 17 yang bikin iPhone makin keren

Saat iPhone tersambung ke kabel Ethernet, menu Ethernet yang tersembunyi akan muncul di aplikasi Pengaturan dengan informasi terkait IP dan berbagai opsi konfigurasi.

Pengguna yang telah mencoba fitur ini dengan iPhone 15 Pro miliknya mengaku setelah terhubung ke Ethernet, iPhone 15 Pro miliknya bisa meraih kecepatan unduh tertinggi lebih dari 800 Mbps dalam uji kecepatan.

Kehadiran ini menjadi salah satu cara dari Apple agar pengguna bisa memaksimalkan kehadiran USB type C di iPhone 15 dengan lebih baik.

Baca juga: Kecepatan 5G di iPhone 15 Pro dilaporkan meningkat 24 persen

Sebenarnya dengan konektor generasi sebelumnya yaitu port lighting, iPhone juga mendukung fitur Ethernet yang serupa dengan bantuan adaptor.

Meski begitu, fitur ini mungkin saja tidak disadari oleh banyak pengguna iPhone 15 dan akan berguna di kemudian hari.

iPhone 15 series kini sudah tersedia di pasar global tepatnya di Amerika Serikat dan 40 negara lainnya. Namun untuk di Indonesia, pecinta gadget masih harus menunggu kehadiran ponsel ini.

Baca juga: Port USB-C pada iPhone 15 dapat beri daya pada beragam aksesori

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023