Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendukung dan memfasilitasi gagasan masyarakat dalam upaya pelestarian budaya yang salah satunya dengan pengukuhan rintisan kalurahan budaya.

"Tujuan dibentuknya rintisan kalurahan budaya adalah memfasilitasi berbagai ide untuk mengimplementasikan pada kegiatan upaya pelestarian seni budaya di masyarakat," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat mengukuhkan Kalurahan Sendangtirto, Kapanewon (Kecamatan) Berbah sebagai Rintisan Kalurahan Budaya di Embung Sendangtirto, Sleman, Sabtu.

Menurut dia, semangat dan antusiasme masyarakat Sendangtirto harus dibarengi dengan pengelolaan baik sebagai wujud keseriusan bersama dalam menguatkan serta melestarikan budaya khususnya di Kalurahan Sendangtirto.

Baca juga: Wabup Sleman kukuhkan Glagaharjo sebagai Rintisan Desa Budaya

"Dengan dikukuhkannya Sendangtirto sebagai rintisan kalurahan budaya, saya berharap pengurus yang telah dikukuhkan mampu menjadi penggerak segala bentuk aktivitas seni budaya dan kesenian yang ada dengan tujuan melestarikan budaya sekaligus memfasilitasi antusiasme masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, semua kalurahan yang sudah menjadi rintisan kalurahan budaya termasuk Sendangtrito diharapkan ke depannya dapat menjadi kalurahan budaya.

"Pemkab Sleman melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) akan melakukan pendampingan serta bekerja sama dengan kalurahan untuk menggali potensi budaya serta mendorong keterlibatan masyarakat di dalamnya," kata Kustini.

Baca juga: Tujuh desa di Bantul ditetapkan sebagai Kelurahan Pamor Budaya

Lurah Sendangtirto Amir Junawan mengatakan pengukuhan rintisan kalurahan budaya sekaligus memperingati Hari Jadi Ke-77 Kalurahan Sendangtrito.

"Pengukuhan ini menjadi motivasi masyarakat Sendangtirto untuk terus melestarikan budaya," katanya.

Ia juga berterima kasih atas dukungan dari Pemkab Sleman dan berharap ke depan aktivitas seni budaya di Sendangtirto semakin maju dan berkembang.

"Kalurahan Sendangtirto hampir seluruh padukuhannya telah memiliki kelompok kesenian dan kebudayaan mulai dari tari-tarian, bregada, ketoprak, dan lain sebagainya. Kami berterima kasih atas dukungan Pemkab Sleman melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) semoga dapat memotivasi kami agar lebih maju dan berkembang sehingga menjadi Kalurahan Mandiri Budaya ke depannya," kata dia.

Baca juga: DIY takar perkembangan kelurahan budaya melalui Gelar Potensi Budaya

Acara tersebut juga diisi oleh penampilan tari dari berbagai kelompok tari dari berbagai kelompok umur di Kalurahan Sendangtirto dan diakhiri dengan potong tumpeng oleh Bupati Sleman sebagai wujud syukur Hari Jadi Ke-77 Kalurahan Sendangtirto, Kapanewon Berbah.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023