EIB bukanlah bank komersial, melainkan bank yang digerakkan oleh kebijakan Uni Eropa
Jakarta (ANTARA) - Bank Investasi Eropa (European Investment Bank/EIB) mengumumkan bahwa mereka akan memberikan dukungan finansial dan teknis untuk pembangunan transportasi berkelanjutan di Indonesia.

“Kami akan melakukan tindakan nyata tidak hanya dengan membuat kebijakan, standar, prosedur untuk komitmen nol emisi karbon, tetapi juga akan menyediakan pendanaan,” kata Kepala Grup EIB untuk Asia Tenggara dan Pasifik, Sunita Lukkhoo, dalam acara “Piknik Hijau Hijau” di Jakarta, Sabtu.

Acara “Piknik Hijau Hijau” tersebut diadakan oleh Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia sebagai acara utama EU Green Diplomacy Weeks 2023.

Baca juga: Dubes: Uni Eropa akan bantu Indonesia atasi perubahan iklim

Dukungan finansial dan teknis tersebut adalah bentuk dukungan Uni Eropa terhadap transportasi berkelanjutan dan transisi energi untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim.

Lukkhoo menyampaikan bahwa EIB bukanlah bank komersial, melainkan bank yang digerakkan oleh kebijakan Uni Eropa.

Dia melanjutkan, EIB akan mengkombinasikan dana hibah dari Uni Eropa dan Lembaga Keuangan Pembangunan (Development Financial Institutions/DFI) negara anggota Uni Eropa untuk pendanaan tersebut.

Lukkhoo mengatakan bahwa tujuan EIB mengkombinasikan dana tersebut adalah, selain untuk membiayai proyek berkelanjutan, juga untuk mempertahankan proyek yang sudah ada sehingga EIB bisa memastikan bahwa tidak akan satu pun yang tertinggal.

Baca juga: EIB pertimbangkan luncurkan dana baru untuk lawan subsidi AS

“Kami ingin melakukan tindakan nyata dengan pendanaan yang kami miliki. Kita bisa melakukan hal ini jika kita semua bersatu dan bertindak bersama,” kata Lukkhoo.

Para Duta Besar negara anggota Uni Eropa menandai komitmen mereka terhadap masa depan yang lebih hijau dengan menaiki MRT ke lokasi acara “Piknik Hijau Hijau”.

Para duta besar negara anggota Uni Eropa tersebut adalah Belgia, Denmark, Jerman, Spanyol, Italia, Hongaria, Polandia, Rumania, Slowakia, Finlandia, dan Swedia, serta Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia.

Perjalan simbolis tersebut diakhiri dengan mengendarai sepeda listrik bersama Direktur Konstruksi MRT Weni Maiulina sebagai bentuk komitmen kolektif terhadap transisi energi dan transportasi publik untuk mendukung kota yang berkelanjutan.

Baca juga: Jokowi dorong capaian investasi European Investment Bank di Indonesia

Para duta besar negara anggota Uni Eropa, yaitu Belgia, Denmark, Jerman, Spanyol, Italia, Hongaria, Polandia, Rumania, Slowakia, Finlandia, dan Swedia, serta Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia menghadiri dalam acara "Piknik Hijau Hijau" yang diadakan oleh Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia di Jakarta, Sabtu (23/9/2023). (ANTARA/Cindy Frishanti)

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023