QMCC merupakan satu dari banyak inovasi di SIG untuk mendukung kelancaran operasi tambang yang memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
Jakarta (ANTARA) - PT Persero Semen Indonesia Tbk (SIG) menciptakan inovasi sistem pemantauan tambang berbasis teknologi digital, Quarry Mining Command Center (QMCC) for Good Mining Practices Solution, untuk mengoptimalkan pengawasan operasional tambang.

"QMCC merupakan satu dari banyak inovasi di SIG untuk mendukung kelancaran operasi tambang yang memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)," kata Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Vita menuturkan sistem pemantauan tambang QMCC bekerja dengan menggunakan aplikasi monitoring terintegrasi berbasis digital. Seluruh informasi dari aplikasi pengawasan tersebut ditampilkan pada layar pusat kontrol dan dipantau oleh petugas yang bertindak sebagai komando operasional.

Dengan demikian, kehadiran inovasi QMCC membantu perusahaan memastikan penerapan kaidah good mining practice dan budaya K3 dalam operasional tambang berjalan dengan baik.

Inovasi QMCC yang diterapkan di Pabrik SIG Tuban, Jawa Timur, merupakan karya tim inovasi Department of Mining and Raw Material Pabrik SIG Tuban, Jawa Timur, yang telah meraih beragam penghargaan bergengsi.

Sejak diterapkannya QMCC pada 2022 hingga saat ini, Pabrik SIG Tuban mencatatkan zero fatality dan accident dalam operasional tambang. QMCC juga berkontribusi pada efisiensi biaya operasional tambang dan bahan baku senilai Rp4,2 miliar per tahun.

Baca juga: SIG dan PLN teken MoU tingkatkan penggunaan energi bersih

Baca juga: Semen Indonesia operasikan fasilitas pemusnah bahan perusak ozon


Inisiator inovasi QMCC yang juga Manager of Mining Operation SIG M Ardy Zailani menuturkan penerapan QMCC membantu optimalisasi aktivitas pengawasan dan membuat operasional tambang menjadi lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pengawasan langsung yang membutuhkan banyak koordinasi dan waktu.

QMCC juga memastikan kebutuhan data lapangan terdistribusi secara aktual dan akurat sehingga pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat sehingga target biaya dan kualitas dapat optimal.

"Terkait inovasi QMCC, kami melihat dalam aktivitas tambang ada 'improvement' yang bisa membantu proses bisnis perusahaan bahkan 'cost transformation'," ujarnya.

SIG meraih penghargaan Anugerah Utama di ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2023, berkat inovasi QMCC.

Penghargaan untuk kategori Proses Internal tersebut diserahkan oleh Direktur PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) Umi Kulsum kepada SVP of Human Capital SIG Sumarlan Wibawa.

ICAII 2023 merupakan ajang penganugerahan dan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menunjukkan inisiatif inovasi yang unggul, dalam arti berdampak luas, berkelanjutan dan memiliki kebaruan tinggi.

QMCC meraih Juara I di ajang SIG Group Innovation Award (SIGIA) 2022. Selain itu, QMCC juga meraih dua penghargaan di ajang Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) 2022 yaitu predikat Diamond sekaligus dinobatkan sebagai Best Performance.

Penghargaan terkait inovasi itu melengkapi capaian SIG dalam tata kelola yang baru saja diraih, yakni penghargaan Best State Owned Enterprises dan Top 50 Emiten dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar di ajang The 14th IICD Corporate Governance Award 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesia Institute for Corporate Directorship (IICD) bekerja sama dengan Perum LKBN ANTARA.

The 14th IICD Corporate Governance Award 2023 merupakan ajang apresiasi bagi emiten yang telah mengimplementasikan praktik good corporate governance (GCG) pada tahun sebelumnya dan tidak terkait kasus serius yang bertentangan dengan prinsip GCG. Dengan demikian, SIG dinilai telah mempraktikkan tata kelola perusahaan dengan baik.

Baca juga: Semen Indonesia terapkan ekonomi sirkular dalam pengelolaan lingkungan

Baca juga: SIG pasok beton LRT Jabodebek untuk dukung ketahanan konstruksi

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023