tidak hanya menggerakkan remaja untuk saling peduli, namun juga merangkul masyarakat umum
Sungailiat (ANTARA) - Remaja Masjid Nurul Huda Parit Padang Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil menyumbang 41 kantong darah guna membantu Palang Merah Indonesia (PMI) setempat memenuhi kebutuhan darah untuk masyarakat.

Dewan Pembina Komunitas Pendonor Darah (KPD) Bangka, Kinoy Aryanto di Sungailiat, Ahad mengatakan 41 kantong darah berhasil dihimpun remaja masjid dari gerakan donor darah masal sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Kami dari komunitas pendonor darah tidak hanya menggerakkan remaja untuk saling peduli, namun juga merangkul masyarakat umum agar menjadi pendonor darah aktif," kata dia.

Meskipun sebagian besar pendonor merupakan penyumbang darah pemula kata dia, diharapkan ke depannya menjadi pendonor darah aktif sehingga kebutuhan membantu memenuhi kebutuhan darah yang selama ini masih mengalami kekurangan.

Baca juga: Remaja mulai berminat donor darah
Baca juga: PMI Banda Aceh gencarkan safari donor darah di masjid selama Ramadhan


Penanggung Jawab Unit Donor Darah PMI Bangka, dr Hery mengatakan, darah tersebut nantinya akan disimpan di PMI terlebih dahulu sebelum disalurkan ke pasien di sejumlah rumah sakit yang membutuhkan darah.

"Kami memberi apresiasi kegiatan sosial donor darah masal seperti ini. Sehingga dengan sistem jemput bola ke masyarakat, tentunya akan mempermudah masyarakat yang hendak donor darah serta dari sisi kuantitas kantong darah juga meningkat," kata dr Hery.

Kegiatan yang digelar dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW itu atas kerja sama dengan PMI Provinsi Bangka Belitung, PMI Kabupaten Bangka, BKPRMI Bangka serta Komunitas Pendonor Darah (KPD) Bangka.

Para pendonor darah juga mendapatkan bingkisan berupa asupan vitamin, susu serta beras sebanyak lima kilogram. Bingkisan tersebut merupakan salah satu bentuk ucapan terima kasih kepada para pendonor yang telah peduli dalam memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Bangka.

Baca juga: JK apresiasi donor darah terbanyak HUT Ke-78 TNI
Baca juga: Mahasiswa UKM gelar donor darah Bulan Kemerdekaan RI-Malaysia
Baca juga: Pelindo Pontianak gelar donor darah untuk selamatkan kehidupan






 

Pewarta: Kasmono
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023