Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping menekankan pentingnya pembangunan berkualitas tinggi untuk mendorong industrialisasi baru guna membangun fondasi material dan teknologi yang kuat bagi modernisasi China.

Xi sekaligus Ketua Komisi Militer Sentral China yang dikutip Xinhua pada Minggu menyampaikan pernyataan tersebut dalam instruksi terbarunya terkait upaya untuk memajukan industrialisasi baru.

Menurut dia, mewujudkan industrialisasi baru adalah tugas utama China dalam upaya untuk mencapai modernisasi China guna membangun negara yang lebih kuat dan memajukan peremajaan nasional di era baru.

Guna membangun fondasi material dan teknologi yang kuat bagi modernisasi China, Xi menyerukan dilakukannya upaya untuk beradaptasi dan memimpin babak baru revolusi ilmu pengetahuan dan teknologi serta transformasi industri, membidik pembangunan berkualitas tinggi dalam upaya untuk mendorong industrialisasi baru, dan mengintegrasikan pembangunan pusat manufaktur dengan perkembangan ekonomi digital dan penyebaran informasi industri.

Instruksi Xi dibacakan dalam pertemuan nasional tentang upaya untuk menggenjot industrialisasi baru yang diadakan mulai Jumat (22/9) hingga Sabtu (23/9) di Beijing.

Sementara itu Perdana Menteri China Li Qiang menghadiri pertemuan tersebut dan menekankan pentingnya meningkatkan ketahanan dan keamanan rantai industri dan pasokan, mempercepat peningkatan kapasitas inovasi industri China, serta terus mendorong optimalisasi dan penyempurnaan struktur industri negara tersebut.

Li mendesak pelaksanaan integrasi mendalam antara teknologi digital dan ekonomi riil, serta pembangunan ramah lingkungan di sektor industri.

Wakil PM China Zhang Guoqing menyerukan dilakukannya upaya untuk memperkuat inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjaga keamanan industri pada pertemuan itu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Prasetyo
Copyright © ANTARA 2023