Serang (ANTARA) - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Banten mendorong kemajuan pariwisata di Provinsi Banten tumbuh pesat dan berkembang.
 
Deputi Kepala Perwakilan BI Banten Hario Kartiko Pamungkas, di Serang, Banten, Senin, mengatakan, Provinsi Banten memiliki cukup banyak potensi wisata yang mirip dengan Provinsi Bali, seperti lahan pertanian, persawahan, laut dan pegunungan.
 
"Hampir semua wilayah di Provinsi Banten punya tempat wisata unggulan masing-masing, sekitar 9.667 kilometer persergi," katanya.
 
Selain itu, Provinsi Banten juga memiliki kawasan ekonomi khusus (KEK) sebagai penunjang pariwisata dan perekonomian daerah yang dapat dikunjungi.
 
"Maka dari itu kami mengajak rekan media, Bapenda Provinsi Banten, dan para akademisi berkunjung ke Bali agar dapat mengadopsi kemajuan wisata di Bali untuk kemajuan pariwisata di Banten sehingga Banten bisa menjadi tujuan wisata utama kedepannya," katanya.
 
Ia juga berharap setelah kegiatan kunjungan ini para akademisi dan media memiliki ide untuk pengembangan pariwisata di Provinsi Banten, yang tentunya sesuai dengan tugas pokok serta fungsi dari masing-masing peserta.
 
Sementara itu, Akademisi dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Mira Maulani Utami mengatakan, dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata daerah yang perlu dilakukan oleh pemerintah diantaranya yakni anciliary, atraksi, amenitas dan aksesibilitas.
 
"Empat hal itu yang perlu dilakukan oleh Pemerintah maupun stakeholder terkait, sehingga ke depan pengelolaan pariwisata dapat berjalan baik dan konsisten. Serta mewujudkan destinasinya wisata yang banyak diminati wisatawan," katanya.


Baca juga: Sandiaga targetkan pariwisata serap 4,4 juta tenaga kerja baru di 2024

Baca juga: Hasto: Pembangunan infrastruktur di Banten gerakkan roda pariwisata

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023