Banten merupakan provinsi terbanyak nomor empat di level nasional yang menggunakan merchant QRIS.
Serang (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Banten mencatat transaksi e-Commerce Provinsi Banten sampai Oktober 2023 telah menembus di angka Rp15,64 triliun, naik 11 persen dari 2022 silam.
 
Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten Hario K Pamungkas, di Serang, Banten, Rabu malam, mengatakan pada triwulan III 2023, perkembangan transaksi digital di Banten terus mengalami pertumbuhan yang sangat positif.
 
Hal itu, menurutnya lagi, terbukti Provinsi Banten merupakan provinsi terbanyak yang menggunakan merchant QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).
 
"Banten merupakan provinsi terbanyak nomor empat di level nasional yang menggunakan merchant QRIS," kata Hario pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023 di Kantor BI Banten, Rabu (29/11) malam.
 
Ia merinci, hingga Oktober 2023 ini, total e-Commerce sebanyak Rp15,64 triliun dengan total transaksi QRIS sebanyak Rp4,43 triliun.
 
Dengan tiga kategori barang yang paling banyak terjual di e-Commerce belakangan ini yaitu fashion, personal care dan kosmetik, dan juga rumah tangga dan kantor.
 
"Kami optimistis, perkembangan e-Commerce akan tetap tumbuh. Sebab, berdasarkan beberapa data di dalam negeri, kinerja e-Commerce meningkat," katanya pula.
Baca juga: BI Banten dukung pengembangan UMKM melalui pemasaran digital
Baca juga: BI Banten siapkan uang tunai Rp2,8 triliun jelang Natal dan tahun baru

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023