Singapura (ANTARA) - Jenama jaringan makanan dan minuman asal Indonesia Kopi Kenangan resmi membuka gerai internasional keduanya di pusat perbelanjaan Raffles City, Singapura pada Selasa ini sebagai langkah berikutnya mewujudkan ekspansi global mereka.

"Di Singapura ini toko pertama kami dan kami percaya ini batu loncatan untuk kami menuju pasar internasional. Singapura adalah hub dari ASEAN dan ini bisa menjadi showcase di dunia," ujar Group CEO of Kenangan Brands Edward Tirtanata di Singapura, Selasa.

Edward berharap bisa membuka gerai Kenangan Coffee tidak hanya di Indonesia, Malaysia dan Singapura, tetapi juga di negara-negara lain.

Baca juga: Kopi Kenangan & seniman NFT ciptakan kemasan edisi terbatas 8 pejuang

"Kami percaya kopi Indonesia punya banyak jenis dari Sidikalang, Kintamani, Bali, Jawa Barat dan kami percaya our passion menyebar tidak hanya di Indonesia tetapi juga mendunia," kata dia.

Edward menuturkan, seperti halnya di Malaysia, Kopi Kenangan di Singapura beroperasi di bawah nama Kenangan Coffee sebagai merek internasional yang digunakan di luar Indonesia. Kata "Coffee" menggantikan kata "Kopi" mengingat tak semua orang di luar Indonesia mengetahui arti kata "kopi".

Sekalipun ada pergantian kata, mereka mempertahankan identitas menggunakan biji kopi dari Indonesia seperti Sidikalang dan Flores dengan sekitar 80 persen merupakan arabika, serta menu kopi dengan gula aren.
Gerai Kenangan Coffee di Raffles City, Singapura, Selasa (26/9/2023). (ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)


Harga satu gelas kopi dibanderol mulai 2,9 hingga 7,9 dolar Singapura dengan menu yang hampir sama dengan di Indonesia seperti Kenangan Latte, ditambah menu baru antara lain Creamy Latte dan Pour Over Misto.

Lebih lanjut tentang menu, menurut Edward, Susu Gula Aren atau Kenangan Latte diprediksi akan menjadi favorit di Singapura, seperti halnya di Malaysia.

"Gula aren sangat Indonesia ya. Bisa dibilang ini culturenya Indonesia banget begitu ya. Kita bawa dan semoga ini bisa menjadi suatu habbit baru, bukan hanya Asia Tenggara tetapi juga globally untuk mengonsumsi kopi Indonesia apa lagi gula aren," jelas Edward.

Senada dengan Edward, Co-CEO sekaligus Co-Founder of Kopi Kenangan James Prananto berharap menu Kenangan Latte bisa menjadi best seller alias meraih penjualan terbaik.

Kemudian, berbicara pemilihan lokasi gerai, ini berada relatif dekat dengan Stasiun MRT City Hall dan cukup banyak kantor di sana seperti halnya di Malaysia dan Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama General Manager of Kenangan Coffee in Malaysia dan Singapore Jordan Lung menuturkan setelah sukses di Malaysia, jenama tempatnya bernaung membuka gerai Singapura dengan resep dan rasa yang unik sama seperti di Indonesia tetapi sedikit lebih lokal.

"Rasanya unik dari kompetitor lain, gula aren yang kami gunakan sesuatu yang unik dibandingkan brand lain, mengangkat rasa ke level yang lain," tutur dia.

Nantinya, satu gerai Kopi Kenangan lagi akan dibuka di terminal 2 Changi Aiport dan dari sana bisa diharapkan bisa menjadi pintu membuka gerai di negara-negara lainnya. Tim menargetkan bisa membuka empat gerai hingga akhir tahun ini di Singapura.

Baca juga: Kenangan Brands gandeng Staffinc untuk jaga kualitas pelayanan

Baca juga: Intip budaya "ngopi" kekinian di Negeri Jiran

Baca juga: Kopi Kenangan buka gerai internasional pertamanya di Malaysia 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023