Jakarta (ANTARA) - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan menyerahkan lajur sepeda sepanjang 8,6 km kepada Pemerintah Kabupaten Bogor sebagai upaya pengembangan sistem transportasi perkotaan serta sistem non-motorized transportation (NMT) di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Lajur sepeda ini menjadi salah satu amanat Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ) yang menjadi payung hukum bagi BPTJ dalam melaksanakan fungsinya," kata Plt Kepala BPTJ Agung Raharjo dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan, NMT merupakan alternatif transportasi yang menjadi bagian dari transportasi ramah lingkungan dan berkelanjutan, serta memberi manfaat bagi tata ruang seperti Transit Oriented Development (TOD) dan kesehatan seperti bersepeda dan berjalan kaki.

Lajur sepeda ini terletak pada bagian bahu jalan dengan total panjang lajur mencapai 8,6 km.

Lajur ini membentang pada tiga jalan utama di Cibinong, yaitu jalan Kandang Roda Simpang Sentul – Gor Pakansari sepanjang 5 km (dua arah), Jalan Kolonel Edi Yoso Martadipura 1,8 km (dua arah), dan Jalan Lingkar Pakansari sepanjang 1,8 km.

Dengan lebar 1,2 meter, lajur sepeda ini dilengkapi dengan marka dan rambu petunjuk, serta terintegrasi dengan sejumlah halte angkutan umum, pusat perkantoran dan pusat perbelanjaan.

Proses pembangunannya mencapai dua bulan sejak 20 Maret 2023 dan selesai pada 18 Mei 2023

Menurut dia, sebagai bagian dari sistem transportasi ramah lingkungan dan berkelanjutan, bersepeda dapat berfungsi sebagai sarana transportasi first mile dan last mile.

"Selain memiliki fungsi transportasi, bersepeda juga bermanfaat bagi kesehatan serta dapat memberi kontribusi positif terhadap lingkungan, karena dapat mengurangi polusi yang dihasilkan oleh penggunaan kendaraan bermotor," katanya.

Merujuk pada penelitian Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), bahan bakar fosil dan transportasi menjadi sumber utama pencemaran udara.

Berdasarkan data dari Open Data Jabar jumlah kendaraan bermotor di Kabupaten Bogor (unit layanan Cibinong) pada tahun 2021 mencapai lebih dari 1,6 juta unit dan menjadi yang terbanyak di Jawa Barat.

Selain di Kabupaten Bogor, BPTJ juga telah menyelesaikan pembangunan lajur sepeda di Kota Bogor, Depok, dan Bekasi dengan total panjang mencapai 44,67 km.

Baca juga: Legislator sebut jalur sepeda bukan lagi program prioritas DKI
Baca juga: Pemkab Bogor distribusi 3,2 juta liter air bersih 4 bulan kekeringan
Baca juga: BPTJ gandeng empat bank terkait pemberlakuan tarif Trans Pakuan

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023