Banjarmasin (ANTARA) -
Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina meresmikan rumah kemasan untuk Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang bertempat di Komplek Meranti Kayu Tangi di Kecamatan Banjarmasin Utara, Selasa.
 
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di Banjarmasin, Selasa, menyampaikan, bahwa rumah kemasan ini merupakan janji politiknya yang masuk program prioritas kepemimpinannya hingga 2024.
 
"Ini masuk dalam visi misi Banjarmasin Kota Baiman (Barasih wan nyaman) dan lebih bermartabat pada 20 program prioritas," ujarnya.
 
Ibnu Sina menjelaskan, rumah kemasan ini dihadirkan untuk meningkatkan mutu kemasan bagi produk-produk lokal Kota Banjarmasin khususnya dari pelaku UKM dan IKM Banjarmasin.
 
"Kalau ke Pulau Jawa kan harus pesan, misalnya sampai 1.000 lembar atau 10.000 baru bisa murah. Tapi kalau di sini bisa dengan skala yang lebih kecil, bisa per 100 jenis, dipastikan lebih murah," ujarnya.
 
Dia berharap, dengan adanya rumah kemasan tersebut bisa membantu para pelaku UKM Banjarmasin untuk bisa bersaing, bukan hanya di tingkat lokal bahkan tingkat nasional agar naik kelas dengan menghadirkan produk-produk yang higienis.
 
Ibnu Sina menjelaskan, untuk mesin kemasan sudah bagus, dan semua jenis untuk kemasan ada di lantai dasar (lantai 1) dan di lantai 2 dipergunakan untuk sosialisasi dan pelatihan.
 
"Diharapkan dengan kemasan yang bagus maka harganya juga meningkat, kemudian bisa menjadi oleh-oleh siapapun yang datang ke Kota Banjarmasin untuk dibawa pulang," ungkapnya.
 
Karenanya, lanjut Ibnu Sina, secara periodik akan ada pelatihan dan sosialisasi kepada pelaku UMKM agar mereka tahu ada rumah kemasan di Banjarmasin ini.
 
"Pemerintah kota intinya membantu dalam bentuk subsidi atau kah dengan harga yang lebih murah," demikian kata Ibnu Sina.
 
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023