Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan Provinsi DKI Jakarta berhasil menjadi juara umum dengan meraih 16 medali emas, 14 medali perak, dan 13 medali perunggu dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2023.

“Pastikan adik-adik menjaga prestasi dengan latihan, disiplin, dan berdoa,” kata Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Dalam laporannya, Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Hendarman menjelaskan O2SN 2023 telah diikuti sebanyak 1.573 siswa yang terdiri dari 376 siswa SD/MI, 317 siswa SMP/MTs, 343 siswa SMA/MA, 305 siswa SMK, dan 232 peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK).

Terdapat sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan pada O2SN 2023 yaitu untuk jenjang SD/MI adalah olahraga senam, atletik, bulutangkis, renang, karate, dan pencak silat sedangkan untuk SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK olahraga atletik, bulutangkis, renang, karate, dan pencak silat.

“Untuk PDBK, ada catur, tenis meja, bocce, atletik, dan bulutangkis,” ujarnya.

Pada pelaksanaannya secara luring, O2SN dilaksanakan di dua lokasi yaitu Bogor untuk O2SN PDBK yang dilaksanakan pada 10 sampai 15 September 2023 dan jenjang SMA/MA dan SMK pada 10 sampai 16 September 2023.

Untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs diselenggarakan pada 18 sampai 24 September 2023 di Jakarta.

Selain mengikuti kompetisi, para atlet-atlet O2SN 2023 jenjang SMA/MA, SMK, dan PDBK berkesempatan mengikuti acara Penguatan Karakter Talenta Olahraga sehingga mereka mendapat bekal penguatan karakter dan motivasi.

Baca juga: Pemkab kobar jadikan O2SN wadah seleksi SDM unggul bidang olahraga

Dalam Penguatan Karakter Talenta Olahraga pun melibatkan Alumni O2SN yaitu Hanifan Yudani Kusumah yang merupakan atlet pencak silat dan juara Asian Games 2018 serta Renata Glory Madao yakni atlet karate dan peraih medali perunggu 18th Asian Karate Federation Championship 2022.

Selain itu, terdapat juga Dewangga Kanaya Iskandar yang merupakan atlet berkebutuhan khusus dan peraih medali perunggu pada Special Olympic World Summer Games (SOWG) 2023 di Jerman.

Siswa SD Santo Carolus Surabaya Scarlett Caithlyn Rinaldo yang meraih dua medali emas cabang olahraga (cabor) senam pada nomor balok keseimbangan putri dan serba bisa putri merasa bahagia karena berhasil menorehkan prestasi di O2SN 2023.

“Senang sekali karena saya suka senam sejak kelas satu SD. Awalnya main-main tetapi lama-lama jadi suka. Sekarang bisa raih dua medali emas di O2SN,” kata Scarlett.


Baca juga: Kemendikbud: 1.557 siswa siap berkompetisi pada O2SN 2023

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023