Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora Selasa (26/9) kemarin masih menarik untuk disimak, mulai dari imbauan kewaspadaan terhadap Virus Nipah hingga program JKN-KIS disambut positif warga Badui Dalam.

Berikut rangkuman berita;

- Kemenkes imbau pemangku kepentingan waspada Virus Nipah

Kementerian Kesehatan mengimbau pemerintah daerah, kantor kesehatan pelabuhan (KKP), fasilitas pelayanan kesehatan, dan para pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap Virus Nipah.

Meskipun di Indonesia belum terdapat adanya kasus Nipah, pemerintah tetap mengimbau pemangku kepentingan selalu waspada terhadap kasus Nipah karena wabah tersebut berada di negara yang dekat dengan Indonesia.

- Titik panas di Kalimantan Timur bertambah

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa jumlah titik panas yang terdeteksi di wilayah Provinsi Kalimantan Timur pada Senin (25/9) pukul 01.00 hingga 24.00 WITA sebanyak 289, bertambah dari 217 titik panas yang terpantau pada periode yang sama hari sebelumnya.

Menurut Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman-Sepinggan Diyan Novrida di Balikpapan, Selasa, titik panas indikator awal kebakaran hutan dan lahan pada Senin (25/9) pukul 01.00 hingga 24.00 WITA terpantau di sembilan daerah di Kalimantan Timur.

- Menteri PPPA: Pentingnya lindungi anak dari dampak negatif teknologi

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengatakan pentingnya melindungi masa depan anak-anak di kawasan ASEAN, terutama dari bahaya teknologi yang berkembang semakin pesat.

"Di masa perubahan yang cepat ini, kita harus memastikan bahwa anak-anak dapat memperoleh manfaat maksimal dari teknologi digital, namun tetap aman dari bahayanya," kata Bintang Puspayoga saat membuka acara ASEAN Regional Dialogue on Child Online Protection 2023, Jakarta, Selasa.

- Otoritas IKN ajak masyarakat berlatih wirausaha

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengajak masyarakat di sekitar kawasan IKN untuk terus mempersiapkan diri seiring dengan semakin pesatnya pembangunan IKN dengan mengikuti pelatihan wirausaha.

Apalagi, menurut data dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pada tahun 2024 ada sebanyak 16.990 ASN, TNI, Polri yang akan pindah ke IKN.

- Program JKN-KIS disambut positif warga Badui Dalam

Masyarakat Badui Dalam di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menyambut positif penyerahan bantuan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat ( JKN-KIS) dari pemerintah.

"Kita tentu cukup senang dan banyak terima kasih atas pemberian bantuan program JKN-KIS itu," kata perwakilan warga Badui Dalam Kabupaten Lebak Jaro Nalim di Lebak, Selasa.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023