... mengucapkan selamat atas kemenangan kuat... "
Washington (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, berharap segera mengunjungi Pakistan, setelah pemerintah baru Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif, mendatang telah terbentuk, kata seorang pejabat AS Senin.

"Kedua pemimpin sudah berbicara di telepon pada Minggu, ketika diplomat tertinggi Amerika Serikat itu menghubungi Sharif untuk mengucapkan selamat atas kemenangan kuat pada pemilu Sabtu," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Jen Psaki kepada wartawan.

Kerry juga mengatakan kepada Sharif, ia berharap bekerja dengan pemerintah Pakistan setelah pemerintah baru terbentuk di Pakistan.

Hubungan antara kedua negara memburuk setelah pembunuhan Osama bin Laden pada 2011 oleh SEAL Angkatan Laut Amerika Serikat,  ketika ia dilacak ke kompleks di dalam kota Pakistan, Abbottabad, setelah satu dekade di dalam pengejaran.

Pembunuhan 24 tentara Pakistan dalam serangan udara pimpinan NATO pada November 2011 lalu juga membuat Islamabad memutus jalur darat ke Afghanistan yang digunakan pasukan AS untuk mengirim pasokan ke pasukan mereka.

Hubungan antara kedua negara secara bertahap diperbaiki, namun ketegangan tetap terjadi dan satu duri dalam hubungan mereka adalah serangan-serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat yang menargetkan Taliban dan gerilyawan al-Qaeda di baratlaut suku sabuk.

Sharif telah berjanji memberikan dukungan penuh Pakistan saat Amerika Serikat menarik pasukan tempur mereka dari Afghanistan, namun dia masih mengangkat isu serangan-serangan pesawat tak berawak dengan pemimpin AS.

(H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013