Bengkulu (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu menyebutkan daftar tunggu calon haji untuk Provinsi Bengkulu hingga akhir September 2023 telah mencapai 34.069 orang.
 
"Dalam beberapa bulan terakhir masyarakat yang mendaftar haji kalau kami rata-rata sekitar 200 orang per bulan," kata Ketua Tim Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Allazi, di Bengkulu, Rabu.
 
Daftar tunggu pemberangkatan paling lama, kata dia, yakni calon haji yang mendaftar di Kota Bengkulu yang daftar tunggunya hingga 32 tahun, dan daftar tunggu tercepat di Kabupaten Kaur yakni 14 tahun.

Baca juga: Kemenag: Daftar tunggu calon haji Kabupaten OKU-Sumsel capai 24 tahun
 
"Jadi, kalau ada warga yang mendaftar sekarang di Kota Bengkulu, maka jadwal keberangkatannya 32 tahun lagi. Itu kalau kuota haji Bengkulu masih sama dengan yang telah dialokasikan seperti saat ini," kata dia.
 
Pada penyelenggaraan haji 2024, Provinsi Bengkulu mendapatkan kuota sebanyak 1.533 calon haji, 82 orang kuota khusus calon haji lansia, 6 orang KBIHU, dan 15 petugas haji daerah (PHD) untuk diberangkatkan ke Tanah Suci.

Baca juga: Daftar tunggu keberangkatan haji di Pasaman Barat capai 50 tahun
 
"Kalau tidak ada perubahan, kuota reguler 1.533 calon haji, 82 khusus lansia, 6 KBIHU, dan 15 PHD Provinsi Bengkulu, atau totalnya 1.636 calon haji," kata dia.
 
Kemudian guna memastikan calon haji untuk penyelenggaraan 2024, Kemenag Bengkulu mengingatkan Kemenag kabupaten dan kota untuk melakukan verifikasi calon haji yang sudah masuk daftar pemberangkatan haji 2024.

Baca juga: Daftar tunggu ibadah haji Maluku hingga 32 tahun
 
"Tugas tim pendaftaran dan dokumen haji kabupaten dan kota yakni verifikasi, cari jamaah atau temukan jamaah yang akan berangkat, apakah siap berangkat atau tidak, atau ada yang berniat menunda keberangkatan," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023