Hari biasanya hanya 44 kereta yang dioperasikan, namun pada liburan panjang ini kami menambah dua kereta
Surabaya (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi 8 Surabaya mengoperasikan 46 kereta untuk melayani pelanggan yang akan melakukan perjalanan dengan KA jarak jauh (KAJJ) menjelang libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H hingga akhir pekan.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Rabu, mengatakan kereta tambahan yang dioperasikan yakni KA Arjuno Ekspres relasi Malang – Surabaya Gubeng pulang pergi (PP).

"Hari biasanya hanya 44 kereta yang dioperasikan, namun pada liburan panjang ini kami menambah dua kereta yakni KA Arjuno Ekspres relasi Malang Surabaya PP," ucapnya.

Hal tersebut, kata dia, dilakukan karena ada peningkatan jumlah penumpang sejak Rabu ini.

"Hari ini tercatat 15.207 pelanggan melakukan perjalanan dengan KA jarak jauh (KAJJ), jumlah tersebut naik 3.680 pelanggan atau meningkat 35 persen dari hari sebelumnya Selasa, yakni sebesar 11.527 orang," ujarnya.

Luqman menjelaskan jika dihitung dari hasil penjualan tiket, total penumpang yang akan menggunakan KAJJ sebanyak 55.912 pelanggan, mulai hari Rabu ini hingga akhir pekan pada 1 Oktober 2023.

Baca juga: KAI luncurkan kereta ekonomi generasi baru tingkatkan kenyamanan

Baca juga: Program "KAI Mengajar" hadir di SMKN 7 Semarang


"Jumlah pelanggan yang akan melakukan pemesanan tiket masih terus bertambah seiring berjalannya waktu, yang bertepatan libur Maulid Nabi Muhammad SAW dan libur akhir pekan," katanya.

Dominasi tujuan pelanggan, kata dia, ke arah Semarang, Jakarta, Yogyakarta, Bandung,dan Jember serta Banyuwangi.

Selain itu, kata dia, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pelanggan kereta api atas kepercayaannya telah menggunakan transportasi kereta api selama masa libur panjang.

Namun, dirinya mengimbau kepada seluruh pelanggan agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatan KA dan juga mematuhi seluruh peraturan dalam menggunakan transportasi kereta api.

"Baik itu larangan merokok selama di dalam KA, melebihi relasi tujuan dari yang tertera pada tiket, maupun mematuhi ketentuan barang bawaan," tuturnya.

Luqman menyampaikan apabila kedapatan melanggar, petugas KAI akan dengan tegas akan memberikan sanksi pada pelanggan sesuai aturan perusahaan.

"KAI senantiasa berkomitmen untuk menciptakan perjalanan yang selamat, aman, dan nyaman bagi para pelanggan, serta juga akan terus beradaptasi dalam menciptakan kenyamanan serta menghadirkan berbagai inovasi untuk terus memenuhi kebutuhan pelanggan dalam menggunakan transportasi KA," ujar Luqman.

Baca juga: PT KAI tawarkan harga tiket khusus di KAI Expo 2023

Baca juga: Pemda di Priangan Timur Jabar usulkan KA eksekutif ke Jakarta

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023