"Perlu dipahami bersama bahwa tujuan pendidikan yang telah kalian melaksanakan adalah untuk membentuk calon Tamtama TNI Angkatan Darat menjadi prajurit yang memiliki karakter kuat,"
Sentani (ANTARA) - Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih menyebutkan 61 prajurit TNI AD telah dinyatakan lulus pendidikan Tamtama TNI AD Gelombang I Tahun Anggaran 2023.

Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Komandan (Wadan) Rindam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Oki Andriansyah di Sentani, Jumat mengatakan anggota Tamtama ini harus tanggap (segera), tanggon (tangguh) dan trengginas (lincah).

"Perlu dipahami bersama bahwa tujuan pendidikan yang telah kalian melaksanakan adalah untuk membentuk calon Tamtama TNI Angkatan Darat menjadi prajurit yang memiliki karakter kuat," kata Pangdam XVII/Cenderawasih melalui sambutan yang dibacakan oleh Wakil Komandan (Wadan) Rindam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Oki Andriansyah.

Menurut pangdam, prajurit TNI AD harus memiliki jiwa kesatria sesuai dengan pola dasar pendidikan, di mana menjadikan prajurit yang profesional di bidang taktik dan teknik militer juga menguasai manajemen administrasi TNI AD.

"Prajurit juga harus memiliki pengetahuan tentang penyelenggaraan administrasi dan pembinaan teritorial satuan non kowil," ujarnya.

Pangdam menjelaskan masing-masing individu (anggota Tamtama TNI AD) telah dibekali pengetahuan dan keterampilan milirer dasar golongan Tamtama guna mengawali tugas sebagai prajurit TNI Angkatan Darat.

"Saya mengharapkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama Mengikuti pendidikan agar diasah dan dikembangkan sehingga menjadi prajurit yang mahir di bidangnya," katanya.

Dia menambahkan anggota Tamtama TNI AD harus pegang teguh jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional.

"Aplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI," ujarnya.

Upacara penutupan pendidikan Tamtama TNI AD Gelombang I Tahun Anggaran (TA) 2023 dipimpim oleh Wadan Rindam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Oki Andriansyah berlangsung di Lapangan Sapta Marga Rindam XVII/Cenderawasih Jumat (29/9) 2023 diikuti oleh 61 anggota yang telah dinyatakan lulus.



Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023