Kami sadar di sekeliling kita masih ada yang kesulitan terutama pada kebutuhan dasar
Jakarta (ANTARA) - Resimen Induk Komando Daerah Militer (Rindam) Jaya menggelar "Jumat Berkah" dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk membantu meringankan beban masyarakat terkait kebutuhan pangan dan kesehatan.

Kegiatan "Jumat Berkah" yang dibalut dengan kegiatan sarapan gratis dan pemeriksaan kesehatan gratis digelar di depan Rindam Jaya, Jalan Raya Condet, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat pagi.

Dalam kegiatan itu, Komandan Rindam Jaya Kolonel Inf Suwondo pun berkesempatan sarapan pagi bersama dengan warga yang melintas dan masyarakat di sekeliling Rindam Jaya.

Bahkan, tak jarang Suwondo menyapa dan berbincang-bincang dengan warga yang tengah sarapan pagi.

Suwondo menuturkan kegiatan "Jumat Berkah" merupakan perhatian TNI, khususnya TNI Angkatan Darat (AD) kepada masyarakat yang berada di kawasan Condet.

"Kami sadar di sekeliling kita masih ada yang kesulitan terutama pada kebutuhan dasar, yakni pangan, kesehatan dan air bersih. Ini kami berusaha untuk hadir agar keberadaan kita benar-benar dirasakan warga baik di sekitar maupun kawasan lain yang kebetulan melintas," kata Suwondo.

Selain memberikan sarapan pagi kepada masyarakat, kata dia, pihaknya menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat.

"Masyarakat silahkan datang untuk memeriksakan kesehatannya. Kami juga memberikan vitamin dan obat-obatan bagi masyarakat yang punya penyakit ringan," ujarnya.

Jumat berkah dan pemeriksaan kesehatan gratis yang sudah dilakukan sejak Juli 2023 itu diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Sehingga, antara kita dan rakyat ada kemanunggalan TNI dengan rakyat dan kepolisian. Ini bisa menjadi kekuatan yang besar bagi bangsa dalam rangka menjaga stabilitas keamanan," ucapnya.

Dalam menu sarapan pagi itu, Rindam Jaya menyiapkan 300 hingga 500 porsi makanan, seperti lontong sayur, nasi kuning dan nasi uduk.

"Prinsipnya kita memang ingin menciptakan sesuatu yang berbeda, kita tak hanya sekedar memberikan makan gratis tapi kita makan bersama sehingga kita bisa berkomunikasi dengan masyarakat. Kita tahu bahwa komunikasi yang paling bagus di sebuah keluarga adalah ketika kita makan bersama. Ini kita terapkan di masyarakat, sehingga dapat menciptakan keluarga," jelas dia.

Dengan saling mengenal, tambah dia, maka akan tumbuh rasa cinta atau chemistry antara warga dan TNI. Sehingga, keberadaan TNI kian dirasakan manfaatnya.
Komandan Resimen Induk Komando Daerah Militer (Rindam) Jaya Kolonel Inf Suwondo saat sarapan pagi bersama dan berbincang dengan warga dalam kegiatan "Jumat Berkah" yang digelar di depan Rindam Jaya, Jalan Raya Condet, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat pagi (16/2/2024). Dalam kegiatan itu, Rindam Jaya juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis kepada masyarakat. ANTARA/Syaiful Hakim


Salah satu warga yang melintas, Rojali (55) menyambut baik kegiatan Jumat Berkah yang digelar oleh Rindam Jaya karena sangat membantu di tengah-tengah tingginya harga pangan.

"Kegiatan ini sangat membantu masyarakat. Semua rakyat bangga dengan Rindam Jaya karena membantu rakyat kecil. Diharapkan, institusi lain dapat mengikuti kegiatan yang digelar Rindam Jaya," kata Rojali yang berprofesi sebagai tukang ojek daring itu.
Baca juga: KPKP DKI tambah komoditas daging pada bazar murah jelang Ramadhan
Baca juga: Sudin KPKP Jakpus lakukan pengawasan pangan di pusat perbelanjaan
Baca juga: DKI fokus pertahankan tingkat keamanan pangan yang beredar di Jakarta

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024