Operational excellence menjadi katalisator keberhasilan SIG dalam mempertahankan kinerja positif di tengah berbagai tantangan....
Jakarta (ANTARA) - PT Persero Semen Indonesia Tbk (SIG) meraih penghargaan dalam ajang Prominent Awards 2023 dengan kategori The Most Prominent State-Owned Company in Operational Excellence & Financial Contributiom to The Nation.

Penghargaan tersebut diperoleh karena SIG dianggap memiliki kinerja positif dari keberhasilan mencapai operational excellence yang berbuah kontribusi rutin untuk pendapatan negara melalui dividen.

Operational excellence menjadi katalisator keberhasilan SIG dalam mempertahankan kinerja positif di tengah berbagai tantangan yang dihadapi industri bahan bangunan. Melalui modifikasi model operasi dan perbaikan proses produksi, SIG berupaya untuk meningkatkan keunggulan operasional guna mencapai optimalisasi operasi dan efisiensi biaya,” ujar Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni dalam keterangan resmi, Jakarta, Jumat.

Pada 2022, SIG berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp2,36 triliun atau naik 15,5 persen dari periode sebelumnya sebesar sebesar Rp2,04 triliun.

Baca juga: SIG ciptakan inovasi untuk optimalkan pengawasan operasional tambang

Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) SIG tahun 2023, sebanyak 70 persen dari raihan laba bersih 2022 atau sebesar Rp1,65 triliun ditetapkan sebagai dividen tunai. “Pemerintah menerima dividen sebesar Rp847 miliar atas kepemilikan saham di SIG, atau meningkat 62 persen dari periode sebelumnya sebesar Rp522 miliar,” kata dia.

SIG disebut menjalankan sejumlah inisiatif strategis untuk menjadi yang terdepan di industri bahan bangunan tanah air. Fokus dari SIG adalah pengelolaan pasar, mengidentifikasi berbagai peluang untuk meningkatkan kinerja, serta melakukan riset dan pengembangan untuk menciptakan inovasi produk dan layanan baru guna merambah ceruk-ceruk pasar yang belum tergarap secara optimal.

“Prominent Awards 2023 menjadi ajang apresiasi sekaligus pengakuan atas kemampuan SIG mencatatkan kinerja positif melalui sejumlah inisiatif strategis, khususnya keunggulan operasional yang menjadi competitive advantage perusahaan. Sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan, SIG akan terus meningkatkan operational excellence untuk mempertahankan kinerja positif,” ungkap Vita.

Baca juga: SIG dan PLN teken MoU tingkatkan penggunaan energi bersih

Prominent Awards 2023 merupakan ajang penghargaan bagi perusahaan dan yayasan yang tidak hanya menonjol atau terkemuka, tetapi juga mampu bertumbuh dan memberikan dampak yang besar bagi bangsa dan negara. Dalam ajang penghargaan ini, hanya ada 18 penerima penghargaan yang telah diseleksi secara ketat berdasarkan prestasi yang signifikan.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023