Jakarta (ANTARA) - Otoritas Prancis menyetujui pembaruan software (perangkat lunak) Apple untuk iPhone 12 yang disebut memiliki masalah ambang batas radiasi di negara itu.

Reuters, Jumat waktu setempat, memberitakan Prancis menghentikan sementara penjualan iPhone 12 di sana karena ambang batas radiasi ponsel itu melebihi angka yang diizinkan. Salah seorang sumber dari Kementerian Digital Prancis mengatakan otoritas menerima permintaan pembaruan software Apple untuk iPhone 12 dan sedang meninjau apakah bisa mengatasi masalah radiasi tersebut.

Baca juga: Apple sebut iPhone 12 patuhi regulasi tentang radiasi

Apple belum memberikan pernyataan terbaru untuk isu tersebut. Beberapa waktu lalu, Apple menyanggah temuan otoritas Prancis, mereka mengatakan bahwa iPhone 12 mendapat sertifikasi dari berbagai badan internasional dan mematuhi standar global.

Apple juga mengatakan akan mengeluarkan pembaruan software untuk mengakomodasi pengujian yang dilakukan di Prancis.

Langkah yang diambil Prancis untuk menghentikan sementara penjualan iPhone 12 membuat sejumlah negara di Eropa, salah satunya Belgia, meminta pembaruan software. Perangkat lunak yang dirilis tersebut, menurut sumber Reuters dari regulator Belgia, terbatas untuk Prancis dan Belgia.

Baca juga: iPhone 12 ditarik dari Prancis karena pancarkan radiasi lebihi batas

Italia masih mengamati langkah yang diambil Prancis soal iPhone 12 sebelum mengambil keputusan.

Pakar industri mengatakan tidak ada masalah keamanan dari jumlah radiasi yang melebihi ambang batas tersebut karena ambang batas yang diterapkan berada di bawah batasan yang menurut ilmuwan bisa menimbulkan bahaya.

Baca juga: Produksi iPhone 12 mini dipangkas

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023