Lampung Selatan (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan, Polda Lampung, melakukan evaluasi dan memperketat pengamanan di kawasan Pelabuhan Bakauheni guna mengantisipasi aksi kejahatan seperti penyelundupan barang terlarang.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin, di Kalianda, Jumat, mengatakan pihaknya terus memperketat pengawasan di area keluar masuk Pebaluhan Bakauheni.

"Kalau itu rutin, pengawasan di Pelabuhan Bakauheni, setiap hari standbye personel Polres, Polsek dan Polda Lampung," kata Kapolres.

Ia mengatakan kawasan pelabuhan, khususnya di Pelabuhan Bakauheni menjadi salah satu titik rawan penyelundupan barang terlarang karena area tersebut adalah tempat keluar masuk dan pintu gerbang pulau Sumatera.

Menurut dia, pengetatan pengawasan tidak hanya dilakukan untuk para penumpang orang yang ingin menyeberang atau datang di pelabuhan tersebut, namun juga dilakukan kepada para pengemudi roda dua, roda empat dan mobil barang.

"Kami terus melakukan giat pemeriksaan, baik itu pengendara motor, mobil, pejalan kaki, dan kendaraan barang kecil ataupun besar, untuk mengantisipasi aksi kejahatan," kata dia.

Menurut dia, pemeriksaan tersebut merupakan salah satu bagian tugas personel Polri sebagai pelayan, pelindung, dan pengayom masyarakat.

Sebelumnya Polres Lampung Selatan telah beberapa kali menggagalkan penyelundupan hewan dilindungi dan barang terlarang, seperti pada 28 Juli 2023 Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Polres Lampung Selatan menggagalkan penyelundupan 2.509 ekor satwa burung yang dilindungi undang-undang.

Baca juga: Polisi Lampung Selatan gagalkan penyelundupan 2.509 ekor burung
 

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023