Shenzhen, China, (ANTARA/PRNewswire)- China International Medical Equipment Fair (CMEF), diadakan oleh Reed Sinopharm Exhibitions, menjembatani berbagai merek yang ingin merambah pasar Tiongkok. Edisi ke-88 dari ajang bergengsi di industri medis ini akan berlangsung pada 28-31 Oktober mendatang di Shenzhen World Exhibition & Convention Center. Di ajang ini, ekshibitor akan memamerkan produk dan solusi mutakhir yang memenuhi permintaan pesat di pasar Tiongkok.


Dengan luas area pameran lebih dari 200.000 meter persegi, CMEF Ke-88 akan diikuti lebih dari 4.000 ekshibitor dan 120.000 pengunjung dari sekitar 120 negara. CMEF Ke-88 juga akan menggelar lebih dari 40 forum tingkat tinggi. Dengan demikian, CMEF Shenzhen akan membawa industri alat medis menuju  jenjang yang baru.

Merealisasikan Potensi Pasar yang Masif: CMEF Memperlihatkan Keunggulan, Daya Saing, dan Ciri Khas Pasar Tiongkok Selatan yang tengah Berkembang

Skala industri alat medis Tiongkok meningkat dari RMB 308 miliar pada 2015 menjadi RMB 915,4 miliar pada 2021 dengan CAGR sebesar 19,91%. Peningkatan ini didorong oleh ekspansi program asuransi kesehatan, pesatnya kunjungan pasien ke fasilitas medis, serta pembentukan sistem lembaga layanan medis yang berjenjang.

Industri alat medis Tiongkok telah mengembangkan beberapa klaster industri dan kawasan manufaktur, khususnya Guangdong-Hong Kong-Macao Greater Bay Area (GBA) di Tiongkok Selatan, Delta Sungai Yangtze di Tiongkok Timur, dan Bohai Economic Rim di Tiongkok Utara. Setiap kawasan ini memiliki ciri khas regionalnya masing-masing.

Dengan status Shenzhen sebagai pusat industri, aktivitas litbang dan produksi alat medis berteknologi canggih di GBA memiliki daya saing yang baik. Produk-produk utama yang dikembangkan di wilayah ini mencakup alat pencitraan medis (monitor, alat diagnostik ultrasonografi, MRI, dan lain-lain), alat radioterapi jenis stereotactic yang berukuran besar (Gamma Knife, X-Knife), serta alat thermotherapy untuk tumor. Menurut statistik sementara, tepatnya pada Mei 2022, Shenzhen dihuni lebih dari 1.300 perusahaan alat medis dengan nilai produksi yang mencapai lebih dari RMB 80 miliar. Sementara, compound annual growth rate (CAGR) pada periode 2010-2019 tercatat sebesar 12,7%, dua kali lipat lebih tinggi dari kinerja rata-rata nasional.

Skala industri alat medis di Tiongkok telah mencapai RMB 730 miliar, bahkan pertumbuhan ini diproyeksikan terus berlanjut. Pemerintah juga telah menyalurkan dana senilai RMB 2,54 miliar untuk mendukung 508 kebutuhan klinis penting di tingkat nasional, termasuk penambahan tempat tidur bagi pasien dari 6,5 tempat tidur per 1.000 orang menjadi 7,4-7,5 tempat tidur per 1.000 orang. Peningkatan sebesar 15% ini terwujud demi memenuhi kebutuhan kesehatan publik. Setelah permintaan meningkat, kebutuhan teknologi, produk, dan pembangunan sistem layanan kesehatan juga bertambah besar. 

CMEF mengulas tren-tren industri tersebut, termasuk inovasi teknologi, serta mendorong peluang dan perkembangan bisnis. Dengan demikian, CMEF ikut memajukan industri alat medis.

CMEF Ke-88 mempertemukan merek-merek alat medis internasional, bersama distributor, agen, produsen, praktisi kedokteran, serta perwakilan industri/pemerintah dari seluruh rantai industri. Ajang ini meliputi berbagai macam sektor, termasuk alat pencitraan medis, alat diagnosis in-vitro, alat elektronik medis, optik medis, konstruksi rumah sakit, ruang bedah, sistem kendali disinfeksi dan infeksi, barang-barang medis sekali pakai, serta ortopedi.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023