Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengimbau seluruh pihak untuk mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2023 yakni menjelang peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober 2023.

Berdasarkan Surat Edaran Mendikbudristek dengan Nomor 31328/MPK.F/TU.02.03/2023 dalam laman resmi kemdikbud.go.id di Jakarta, Jumat, bendera akan berkibar satu tiang penuh pada 1 Oktober 2023 pukul 06.00 waktu setempat.

Surat edaran itu menyebutkan setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, satuan pendidikan serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada 30 September 2023 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan 1 Oktober 2023 pukul 06.00 waktu setempat bendera berkibar satu tiang penuh.

Surat edaran tersebut juga menjelaskan bahwa akan diselenggarakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 ditingkat pusat pada Minggu (1/10) pukul 08.00 WIB di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur dengan tema Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju.

Baca juga: Nadiem lantik tujuh orang pemimpin perguruan tinggi

Sementara penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di tingkat pusat, daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan satuan pendidikan diatur sebagaimana terlampir.

Kepala Daerah/Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), kantor/lembaga yang ada di daerah menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara luring penuh dari kantor masing-masing.

Selanjutnya, Nadiem turut mengimbau pada 1 Oktober 2023 masyarakat agar mendengarkan Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Youtube Kemendikbud RI.

Untuk pedoman penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 dapat diunduh melalui www.kemdikbud.go.id.


Baca juga: Nadiem minta mahasiswa terlibat aktivitas yang asah minat dan bakat
Baca juga: Nadiem ingin pelajari kunci keberhasilan SMKN 2 Kasihan

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023