Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund naik ke peringkat pertama klasemen sementara Liga Jerman usai mengalahkan Hoffenheim dengan skor 3-1 pada pekan keenam di Stadion PreZero Arena, Sinsheim, Sabtu dini hari WIB.
 
Pada pertandingan ini kemenangan Borussia Dortmund hadir berkat gol-gol Niclas Fullkrug, Marco Reus, dan Julian Ryerson, sedangkan Hoffenheim sempat membalas melalui eksekusi penalti Andrej Kramaric, demikian catatan Bundesliga.
 
Kini Borussia Dortmund berada di peringkat pertama klasemen sementara Liga Jerman dengan torehan 14 poin dari enam pertandingan, sedangkan Hoffenheim menempati posisi keenam dengan raihan 12 poin.
 
Secara statistik Hoffenheim unggul dalam aspek melepaskan tendangan, namun Dortmund mencatat 56 persen penguasaan bola serta efektif dalam memaksimalkan peluang.
 
Die Borussen langsung mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada pertandingan ini dan memberikan ancaman melalui tendangan Donyell Malen yang masih dapat dihalau kiper Hoffenheim Oliver Baumann.
 
Dortmund sukses mencuri keunggulan terlebih dahulu melalui gol Niclas Fullkrug memanfaatkan umpan Julian Brandt yang berawal dari kesalahan lini pertahanan Hoffenheim sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit ke-18.
 
Hoffenheim memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan setelah diberikan hadiah tendangan penalti karena Matt Hummels melanggar Anton Stach di kotak terlarang.
 
Tim tuan rumah berhasil menyamakan kedudukan setelah tendangan Andrej Kramaric salah ditebak arahnya oleh kiper Dortmund Gregor Kobel sehingga skor kembali sama kuat 1-1 pada menit ke-25.
 
Pada waktu tambahan babak pertama, Dortmund dapat kembali berbalik unggul melalui gol yang dilesakkan Marco Reus memanfaatkan kemelut di depan gawang Hoffenheim sehingga skor berubah menjadi 2-1.

Baca juga: Trigol Harry Kane turut warnai pesta Bayern Muenchen ke gawang Bochum
 
Memasuki babak kedua Hoffenheim memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan melalui sundulan Grischa Proemel usai menerima umpan Andrej Kramaric, namun bola masih dapat ditepis Kobel.
 
Pada menit ke-71, bek sayap Dortmund Ramy Bensebaini diganjar kartu kuning kedua oleh wasit karena mengulur-ulur waktu sehingga pemain asal Aljazair tersebut harus meninggalkan lapangan lebih cepat dan membuat skuad asuhan Edin Terzic harus bermain dengan 10 orang di sisa waktu pertandingan.
 
Meski hanya bermain dengan 10 orang, Dortmund sukses menambah keunggulan menjadi 3-1 pada menit ke-90+5 melalui gol Julian Ryerson yang memanfaatkan kelengahan lini belakang Hoffenheim.
 
Selanjutnya Borussia Dortmund akan menghadapi Union Berlin pada pekan ketujuh Liga Jerman, Sabtu (7/10), sedangkan Hoffenheim akan bertandang ke markas Werder Bremen, di hari yang sama.

Baca juga: Dortmund segera dapatkan striker baru Niclas Fullkrug dari Bremen
Baca juga: Bayern resmikan kiper baru Daniel Peretz dari Maccabi Tel Aviv

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023