Palangka Raya (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng meminta para pengendara roda dua dan roda empat agar mewaspadai terjadinya kecelakaan lalu lintas yang disebabkan asap tebal akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol R.S Handoyo di Palangka Raya, Sabtu mengingatkan kepada seluruh pengendara agar berhati-hati saat berkendara, salah satunya bagi pengendara yang hendak keluar daerah atau kota.

"Dengan kondisi seperti ini tentunya para pengendara harus mengutamakan keselamatan, salah satunya seperti mengurangi kecepatan, memperhatikan rambu-rambu lalu lintas agar terhindar dari kecelakaan serta hal lainnya saat berada di jalan raya," kata Handoyo.

Dia menuturkan, saat ini jarak pandang menjadi terbatas karena adanya asap tebal akibat karhutla yang beberapa hari ini terjadi di sejumlah wilayah provinsi itu.

Dia juga mengimbau pengendara untuk menyalakan lampu utama pada siang dan malam hari, memahami karakter jalan yang dilintasi serta mengendarai dengan kecepatan aman sesuai dengan keinginan.

"Dengan dinyalakannya lampu kendaraan di siang hari, tentunya bertujuan untuk membantu penglihatan, apalagi kabut asap makin tebal sehingga rawan terjadinya kecelakaan akibat berkurangnya jarak pandang yang terbatas tersebut," ujarnya.

Selain itu, kata perwira Polri berpangkat melati tiga itu, masyarakat juga disarankan untuk menghindari kegiatan di luar rumah jika tidak ada keperluan karena gangguan kabut asap dapat menimbulkan dampak gangguan kesehatan tubuh seperti pernafasan.

"Kami berharap seluruh pengendara tetap mempedomani aturan lalu lintas serta jadikanlah keselamatan itu sebagai kebutuhan bersama," ujar Handoyo.

Saat ini kondisi asap di sejumlah daerah di provinsi setempat sedang diselimuti asap akibat karhutla, bahkan pengendara yang melintas di jalan raya, penglihatannya sedikit terganggu karena adanya asap tebal tersebut.

Baca juga: Waktu belajar SMA di Kalimantan Tengah dikurangi karena kabut asap
Baca juga: Pemerintah di Kalteng diminta fasilitasi salat minta hujan
Baca juga: Dishub Kalsel minta pengendara nyalakan lampu di area kabut asap

 

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023