"Khususnya untuk wilayah Kota Palangka Raya, banyak titik hot spot yang terbakar namun belum dilakukan penanganan lebih lanjut. Semoga ke depan segera ditindaklanjuti agar segera diungkap pelaku pembakar lahannya,"
Palangka Raya (ANTARA) - Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto meminta Polresta Palangka Raya untuk menindak tegas pelaku pembakar hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya karena kasus karhutla sudah mencapai ratusan titik.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Sabtu, mengatakan berdasarkan data dari BAdan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, terjadi peningkatan peristiwa karhutla. Hal tersebut terbukti hingga 27 September 2023 telah terjadi sebanyak 420 kali peristiwa karhutla di daerah setempat.

Namun dari ratusan kejadian itu, belum ada sama sekali langkah konkret yang diambil Polresta Palangka Raya dalam menangani peristiwa karhutla yang terjadi di Kota Palangka Raya.

Menanggapi hal tersebut, pihaknya juga meminta secara tegas kepada seluruh kepala satuan kerja (kasatker), khususnya kasatwil Polres jajaran untuk aktif dalam hal menindak lanjuti karhutla ini terutama pada pengungkapan kasus.

"Khususnya untuk wilayah Kota Palangka Raya, banyak titik hot spot yang terbakar namun belum dilakukan penanganan lebih lanjut. Semoga ke depan segera ditindaklanjuti agar segera diungkap pelaku pembakar lahannya," katanya.

Ditambahkan Erlan Munaji, jika penanganan karhutla telah menjadi atensi dari Kapolda Kalteng untuk setiap polres dapat mengoptimalkan proses penyelidikan dan penyidikan.

Bahkan, upaya awal yang harus dilakukan para Polres di jajaran, yakni melakukan pemasangan garis polisi di lokasi karhutla.

"Untuk polda sejauh ini belum ada korporasi yang terlibat. Namun kami tetap akan tindak lanjut terkait karhutla ini, apakah ada korporasi yang terlibat. Sejauh ini ada beberapa polres jajaran yang telah menetapkan tersangka sebanyak 12 orang," tutup Perwira Polri berpangkat melati tiga itu.

Saat ini kondisi sejumlah daerah di provinsi setempat mengalami kabut asap akibat karhutla. Bahkan pengendara sepeda motor terpaksa harus menyalakan lampu kendaraannya saat berada di jalan raya guna menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya.
 

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023