Beijing (ANTARA) - Biro Statistik Nasional (NBS) China pada Sabtu (30/9) mengungkapkan bahwa aktivitas nonmanufaktur negara itu mencatatkan ekspansi dengan laju yang lebih cepat pada September 2023.

Hal itu mengindikasikan aktivitas yang kuat di industri jasa dan konstruksi.

NBS menjelaskan bahwa indeks manajer pembelian (PMI) untuk sektor nonmanufaktur negara tersebut berada di angka 51,7 pada September, naik 0,7 poin persentase dari bulan sebelumnya.

Angka di atas 50 mengindikasikan ekspansi, sedangkan angka di bawahnya menunjukkan kontraksi.

Menurut NBS, subindeks untuk sektor jasa tercatat 50,9 pada September, naik 0,4 poin persentase dari bulan sebelumnya,

Ahli statistik NBS Zhao Qinghe menyebutkan bahwa sektor jasa membukukan ekspansi dengan laju yang lebih cepat pada periode tersebut. Dia menjelaskan bahwa aktivitas bisnis di sektor transportasi air, pos, serta sektor moneter dan keuangan berada di atas angka 55.

Zhao mengatakan sektor konstruksi mempertahankan pertumbuhan yang cepat pada bulan itu dengan subindeks untuk aktivitas bisnis tumbuh 2,4 poin persentase menjadi 56,2.

Subindeks yang mengukur perkiraan untuk aktivitas-aktivitas di sektor tersebut berada di angka 61,8, mengindikasikan optimisme yang cukup kuat di kalangan perusahaan konstruksi.

Data pada Sabtu juga menunjukkan bahwa PMI untuk sektor manufaktur China berada di angka 50,2 pada September, yang kembali ke zona ekspansi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023