Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan anugerah penghargaan Subroto 2023 kepada tujuh kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) dengan bidang dan kategori berbeda yang dinilai memiliki kinerja baik dan memajukan sektor energi dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

"Ini bisa jadi penyemangat KKKS untuk terus melakukan eksplorasi dan meningkatkan lifting minyak nasional," kata Kepala Divisi Program dan Komunikasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Hudi Suryodipuro dikutip dari keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Hudi mengatakan pemberian penghargaan itu diharapkan memberikan semangat baru bagi KKKS yang beroperasi di Indonesia untuk terus mengejar program 1 juta barel minyak per hari (BOPD) dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari (BSCFD) di 2030.

Sementara itu, Menteri ESDM Arifin Tasrief mengatakan penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Kementerian ESDM kepada para pemangku kepentingan yang telah memberikan kinerja terbaik dalam memajukan sektor energi dan sumber daya mineral di Indonesia.

"Pelaksanaan penghargaan Subroto diharapkan memberikan kontribusi terhadap pembangunan energi dan mineral serta mendorong untuk terciptanya inovasi baru bagi pengembangan energi bersih," kata Arifin dalam sambutan secara virtual pada penghargaan Subroto 2023, Jumat (29/9/2023) malam.

Tujuh KKKS yang menerima penghargaan tersebut, yakni pada bidang penerimaan negara bukan pajak kegiatan hulu minyak dan gas bumi dengan kategori KKKS produksi minyak gas bumi di atas 100 ribu BOEPD diraih Medco EMP Grissik, kategori produksi 50-100 ribu BOEPD diraih Petrochina Internasional Jabung, dan produksi di bawah 50 ribu BOEPD diperoleh Montdor Oil Tungkal limited.

Penghargaan Subroto 2023 lainnya yang diterima pada kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi, yaitu di bidang keselamatan minyak dan gas bumi dan pemanfaatan gas suar dengan kategori pembinaan keselamatan kerja migas yang diraih oleh Exxon Mobil Cepu Limited dan kategori tanpa kehilangan jam kerja sebagai akibat kecelakaan diperoleh Pertamina EP Cepu.

Selanjutnya, di bidang yang sama dengan kategori pemanfaatan gas suar pada kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi, sub kategori pemanfaatan gas suar pada lapangan minyak bumi diraih Pertamina Hulu Kalimantan Timur dan sub kategori pada lapangan gas bumi diperoleh PT Pertamina Hulu Mahakam.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto memberikan langsung penghargaan tersebut kepada tiga KKKS penerima Subroto bidang kegiatan hulu minyak dan gas bumi dengan kategori produksi di atas 100 ribu BOEPD, 50 ribu BOEPD, dan produksi di bawah 50 ribu BOEPD.

Sementara untuk penyerahan penghargaan bidang keselamatan minyak dan gas bumi dan pemanfaatan gas suar pada kegiatan usaha minyak dan gas bumi diberikan oleh Dirjen Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji.


Baca juga: SKK Migas paparkan enam upaya tekan emisi karbon
Baca juga: ICIUOG 2023 hasilkan 60 kesepakatan bisnis senilai 7,1 miliar dolar AS

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023