Kami ingatkan di sini karena budaya bukan hanya arti sempit, budaya dalam konteks seni tari dan sebagainya, tapi budaya bagaimana kita orang Garut bisa menjaga ekosistem alam
Garut (ANTARA) - Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah menyatakan kebudayaan yang peduli terhadap keasrian alam di Kabupaten Garut, Jawa Barat harus dijaga dengan baik oleh semua pihak yakni pemerintah yang memiliki kebijakan dan seluruh elemen masyarakat dalam rangka merawat bumi untuk kebaikan bersama.

"Kami ingatkan di sini karena budaya bukan hanya arti sempit, budaya dalam konteks seni tari dan sebagainya, tapi budaya bagaimana kita orang Garut bisa menjaga ekosistem alam," kata Ferdiansyah saat acara Diskusi Terpumpun Merawat Bumi Melalui Kebudayaan di Cipanas, Kabupaten Garut, Minggu.

Ia menuturkan, kegiatan diskusi itu diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bersama Komisi X DPR RI sebagai mitra untuk terus membangun kebudayaan dalam rangka menjaga kelestarian alam di Kabupaten Garut.

Baca juga: Indonesia-Japan Friendship Festival hadirkan seni budaya kedua negara

Acara diskusi itu, kata dia, melibatkan sejumlah pihak terkait, di antaranya budayawan, komunitas masyarakat, anak muda, dan juga akademisi yang nantinya memiliki peran untuk mengedukasi dan mensosialisasikan kembali terkait menjaga alam melalui kebudayaan.

"Temanya hari ini adalah kontek budaya dekatkan dengan merawat bumi, kenapa? Karena bagaimanapun yang ada di bumi ini kan sebagian besar adalah makhluk hidup, jadi bagaimana kita merawat tujuan utamanya dan menjaga ekosistem bumi kita," katanya.

Ia mengatakan, Kabupaten Garut berdasarkan data hampir 80 persen daerahnya konservasi alam sehingga harus dijaga dengan baik oleh masyarakat melalui berbagai cara, termasuk dengan tradisi dan kebudayaan masyarakat.

Baca juga: Sambutan hangat dan pesona budaya Kota Cirebon yang pikat turis asing

Daerah Garut yang dikenal dengan sejuk dan asri, kata dia, jangan sampai ke depan tidak ada bedanya dengan kondisi di perkotaan yang suhu udaranya panas.

"Itu yang harus dijaga termasuk ketersediaan sumber daya alam yang lain, termasuk air dan sebagainya," katanya.

Ia berharap, adanya kegiatan diskusi tersebut para peserta yang hadir bisa melakukan pendekatan kepada seluruh elemen masyarakat tentang upaya merawat bumi agar kondisinya tetap baik dan memberikan kehidupan bagi makhluk hidup.

"Kita minta kepada peserta untuk bisa disosialisasikan dan dipahami oleh rakyat," katanya.

Baca juga: Komisi X DPR usulkan sejumlah hal ke pemerintah tingkatkan literasi

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023