Banjarmasin (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol Agus Andrianto memberikan beasiswa kepada 110 mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan yang tak dapat kuota Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

"Beasiswa ini menjadi komitmen Polri dalam membantu peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan tinggi," kata Agus di Banjarmasin, Senin.

Dia pun mengajak semua pihak dapat membantu pemberian beasiswa bagi ratusan mahasiswa lainnya di Kalsel yang belum mendapatkan KIP Kuliah.

Agus menyebutkan berdasarkan laporan Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi yang berkoordinasi dengan Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri, masih ada sekitar 700 mahasiswa menunggu bantuan beasiswa.

Baca juga: ULM menuju kampus kelas dunia dengan akreditasi internasional

Baca juga: Rektor ULM: Program beasiswa IBFL yang terbaik


Mereka dianggap layak mendapatkan beasiswa lantaran dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi akademik bagus.

Agus pun mengapresiasi hubungan yang terjalin baik antara Polda Kalsel dan lembaga pendidikan seperti ULM selama ini sehingga bisa saling mendukung tugas dan fungsi masing-masing.
Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto bersama perwakilan mahasiswa ULM penerima beasiswa. (ANTARA/Firman)


Sementara Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri menyampaikan terima kasih kepada Wakapolri yang telah memberikan kepercayaan terhadap kampusnya dalam pemberian beasiswa.

Rektor menyatakan Wakapolri tidak salah karena ULM menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik dan terbesar di pulau Kalimantan dan sudah sejajar dengan PTN besar di pulau Jawa.

"Tahun ini salah satu mahasiswa ULM menempati peringkat empat nasional dalam pemilihan mahasiswa berprestasi dari sekian juta mahasiswa, ini prestasi sangatlah membanggakan," ujarnya.

Saat ini ULM memiliki 11 fakultas dan satu Program Pascasarjana yang terdiri dari 67 program S1, 25 program magister dan delapan program doktor (S3) dengan sumber daya dosen 114 di antaranya guru besar melayani 37 ribu mahasiswa.

Terkait beasiswa KIP Kuliah, dia menyebutkan tahun ini hanya mendapatkan kuota 516 mahasiswa baru angkatan tahun 2023 jalur masuk Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

Sementara animo pendaftar penerima KIP Kuliah tahun ini di ULM cukup tinggi bahkan melebihi kuota yang diberikan, yakni lebih dari 1.400 orang.*

Baca juga: 100 mahasiswa ULM Banjarmasin raih beasiswa IBFL hingga sarjana 

Baca juga: ULM miliki 111 guru besar perkokoh posisi terbaik di Kalimantan

Pewarta: Firman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023