Untuk menjalankan sebuah usaha atau sebagai wirausaha, itu kita tau sendiri tidak mudah.....
Jakarta (ANTARA) - Smesco Indonesia menawarkan solusi dan kemudahan bisnis seperti kemudahan perizinan usaha dan logistik bagi para pelaku UMKM maupun calon wirausaha melalui pameran Indonesia Digital MeetUp (IDM23).

“Untuk menjalankan sebuah usaha atau sebagai wirausaha, itu kita tau sendiri tidak mudah dan memang inilah yang memang kami upayakan dengan menggabungkan suatu ekosistem yang ber-enabler dari hulu sampai ke hilir,” kata Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata saat konferensi pers di Gedung Smesco, Jakarta, Senin.

Leonard mengatakan Smesco berupaya mendukung target pencapaian rasio jumlah wirausahawan sebanyak 4 persen pada tahun 2024 dengan menghadirkan ekosistem bisnis yang lengkap di Indonesia Digital MeetUp yang akan mempermudah pelaku usaha naik kelas maupun yang akan memulai usaha.

“Kami ingin menciptakan leverage (manfaat) untuk kalian yang bergabung. Leverage ini penting, saya bercandanya kalau kalian sendiri mengetok pintu satpam tidak dibukakan pintu pabriknya tapi kalau bergabung dengan satu ekosistem, itu pintunya sudah terbuka lebar dan deal-nya sudah wholesale,” tuturnya.

Baca juga: Smesco Indonesia: Aturan 'social commerce' lindungi pelaku UMKM

Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia Wientor Rah Mada mengatakan penyelenggaraan IDM tahun lalu diikuti oleh 3.000 pelaku UMKM dan pada tahun ini ditargetkan sekitar 4.000 UMKM dapat bergabung.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, IDM23 yang akan berlangsung pada 5-6 Oktober di Gedung Smesco Indonesia menghadirkan lebih banyak solusi-solusi digital untuk UMKM. Tak hanya itu, targetnya bukan hanya wirausaha mapan digital seperti pelaksanaan tahun lalu, tetapi juga wirausaha pemula dan calon wirausaha.

“Kami ada 2 acara, pertama exhibiton ada 80 booth dari perusahaan-perusahaan penyedia solusi untuk UMKM dan kami menawarkan enam kemudahan yang bisa didapatkan oleh UMKM on the spot,” ungkapnya.

Secara rinci, Wientor menuturkan bahwa kemudahan pertama adalah kemudahan perizinan yang bersisi pusat layanan UKM Smesco yang akan memberikan kemudahan badan usaha, BPOM, halal, hingga pembuatan HKI merek hanya dalam waktu 20 menit.

Baca juga: Pemerintah gaet e-commerce majukan digitalisasi dan pasar UMKM

Lalu ada kemudahan produksi yang berisi perusahaan maklun seperti kosmetik, skincare, minuman kecantikan, minuman kesehatan hingga pakaian dan sepatu. Kemudian terdapat kemudahan logistik yang dilayani oleh agreagtor logistik, perusahaan ekspedisi, transportasi dan warehousing. Sedangkan untuk kemudahan pemasaran, terdapat pakar di bidang marketing agency. live streaming agency, perusahaan Search Engine Optimization hingga iklan terprogram.

“Kami ke kemudahan bisnis support enabler ini platform software as a services untuk memudahkan UMKM masuk ke dunia digital. Terakahir kemudahan funding, ada perbankan, koperasi dan digital bank. Jadi end-to-end yang kami berikan kepada calon wirausaha agar mereka lebih mudah berusaha, iklimnya kamj permudah, ekosistemnya kami hadirkan di satu tempat yang sama,” jelas dia.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023