Jayapura (ANTARA) - Ketua KPUD Papua Tengah, Jennifer Darling Tabuni, mengatakan, saat ini sebanyak 4.007 bakan calon (bacalon) masuk dalam daftar calon sementara (DCS) DPRD Provinsi dan kabupaten se Papua Tengah.

Jumlah tersebut terdiri dari 2.719 laki-laki dan 1.288 perempuan yang saat ini datanya masih diteliti baik di KPU Papua Tengah maupun KPU di delapan kabupaten.

"Delapan kabupaten yang tergabung dalam Papua Tengah yaitu Mimika, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Paniai, Nabire, Puncak dan Puncak Jaya," kata dia, di Papua Tengah, Senin.

Baca juga: Perpu Pemilu menggapai tujuan pemekaran provinsi di Pulau Papua

Dikatakan, untuk DPRD Papua Tengah yang akan memperebutkan 45 kursi itu saat ini DCS tercatat 730 bakal calon dari delapan daerah pemilihan.

Untuk DCS delapan kabupaten tercatat 3.277 bacalon, dengan rincian Kabupaten Mimika sebanyak 559 bakal calon, Deiyai 357 bacalon, Intan Jaya 324 bacalon, Dogiyai 442 bacalon, Paniai 448 bacalon, Nabire 449 bacalon, Puncak Jaya 378 bacalon dan Puncak 320 bacalon.

Selain itu, kata Jennifer untuk DCS DPD RI tercatat 12 bakalan

Ketika ditanya tentang perolehan kursi untuk DPRD Provinsi Papua Tengah terdiri dari delapan daerah pemilihan yaitu dapil 1 Nabire enam kursi, Dapil 2 dapil Intan Jaya lima kursi, dapil 3 Puncak enam kursi dan dapil 4 Puncak Jaya tujuh kursi.

Kemudian dapil 5 Mimika 10 kursi, dapil 6 Dogiyai empat kursi, dapil 7 Paniai empat kursi dan dapil 8 Deiyai tiga kursi, jelas Ketua KPU Papua Tengah Jennifer Darling Tabuni.

Penerjemah: Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023