Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa, untuk meresmikan Kawasan Pangan Nusantara sebagai wujud ketahanan pangan Indonesia.

Dilansir dari keterangan Sekretariat Wakil Presiden di Jakarta, Ma'ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin dan rombongan berangkat menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU.

Rombongan lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma menuju Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu, Sulawesi Tengah pada pukul 10.30 WIB.

Baca juga: 1.747 personel gabungan siap amankan kunjungan kerja Wapres ke Sulteng

Setelah menempuh penerbangan selama 2 jam 30 menit, Wapres diperkirakan tiba di Palu pada pukul 14.00 WITA dan disambut oleh Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura beserta Ibu Vera Rusdy Mastura dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah beserta pendamping masing-masing.

Setelah beristirahat sejenak di ruang tunggu utama, Wapres dengan didampingi oleh Gubernur Sulawesi Tengah bergerak menuju Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Jalan Sam Ratulangi Nomor 101, Besusu Bar, Kecamatan Palu Tim, Kota Palu dengan berkendara mobil.

Di tempat tersebut, Wapres menghadiri acara Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, Wapres membuka secara resmi Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Afirmasi Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PPDT) dan soft launching Sulawesi Tengah sebagai Negeri Seribu Megalit yang diselenggarakan di Swiss-Bel Hotel Silae Palu, di Jalan Malonda Nomor 12.

Pada kesempatan itu, Wapres akan menyerahkan sertifikat penghargaan atas upaya Pengentasan Daerah Tertinggal untuk Pembangunan Percepatan Daerah Tertinggal kepada sembilan penerima yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten.

Sementara pada hari kedua kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (4/10), pada pukul 09.10 WITA Wapres bertolak ke Desa Talaga, Donggala, dengan menggunakan Helikopter VVIP Kepresidenan Super Puma untuk menghadiri Peresmian dan Penanaman Perdana Kawasan Pangan Nusantara.

Di kawasan ini, Wapres diagendakan melakukan penanaman perdana pohon durian, varietas durian Montong Palu.

Baca juga: Gubernur: Kawasan Pangan Nusantara beri efek positif bagi Sulteng

Baca juga: Sulteng gulirkan program kawasan pangan nusantara untuk IKN


Wapres dijadwalkan kembali ke Jakarta di hari yang sama pada pukul 12.30 WITA.

Hadir mendampingi Wapres dalam kunjungan kerja ini, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto.

Turut mendampingi Wapres, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono WS, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah M Imam Azis, dan Tim Ahli Wapres Farhat Brachma.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023