Kuala Lumpur (ANTARA) - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad memberikan ucapan selamat kepada Presiden ke-5 Republik Indonesia yang juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri atas gelar doktor kehormatan yang diterima dari Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR).

Mahathir menyampaikan hal itu saat berbincang dengan Megawati di Kuala Lumpur, Selasa. Putra Megawati, M Rizki Pratama dan putrinya yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani turut hadir dalam pertemuan yang berlangsung sangat akrab tersebut.

“Kemarin (Senin, 2/10), Ibu menerima gelar doktor. Tahniah. ‘Congratulations’,” ujar Mahathir.

Dari keterangan yang diperoleh, dalam perbincangan yang berjalan santai selama hampir satu jam itu, keduanya saling menanyakan kabar.

Mahathir pun mengatakan dirinya baru saja berkunjung ke Medan, Sumatera Utara. Istrinya, Siti Hasmah, masih memiliki banyak kerabat di kota itu.
Baca juga: Peroleh 10 honoris causa, Megawati minta generasi muda jangan lelah

Ia juga mengatakan setiap kali ke Jakarta, dirinya suka makan di restoran Minang.

“Kalau ke Jakarta, saya sering ke restoran Minang. Saya suka rendang,” ujar Mahathir, dilanjutkan dengan tawa.

Megawati merespons bahwa dirinya mengetahui bahwa Mahathir suka mampir ke sebuah restoran di Jalan Sabang, Jakarta Pusat.

“Nanti saya akan kirim rendang. Bapak suka yang pedas atau enggak?” tanya Megawati, yang dijawab oleh Mahathir bahwa dirinya lebih suka rendang yang tidak pedas.

Megawati memuji Mahathir yang masih dalam kondisi sehat saat menginjak usia 98 tahun.

Ia juga sempat menjelaskan bahwa Indonesia akan menggelar Pemilu pada Februari 2024 nanti saat Mahathir menanyakan kabar politik Indonesia saat ini.
Baca juga: Bangga Megawati terima honoris causa ke-10, Puan berusaha ikuti jejak

Mahathir menyinggung Indonesia yang luas dan memiliki jumlah penduduk yang besar. “Malaysia hanya 33 juta (penduduk),” kata Mahathir, setelah Puan Maharani menyebut jumlah penduduk Indonesia saat ini mencapai 281 juta jiwa.

Kehadiran Megawati Soekarnoputri di Malaysia antara lain untuk menerima penganugerahan gelar honoris causa dari Universiti Tunku Abdul Rahnman di Selangor pada Senin (2/10).

Megawati dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas gelar yang diterimanya dari UTAR Malaysia.

"Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah Subhanahu Wata’ala, atas penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa dalam bidang ilmu sosial kepada saya dari Universiti Tunku Abdul Rahman," ujar Megawati dalam sambutan usai menerima gelar tersebut.

Baca juga: Megawati dorong negara ASEAN kolaborasi bangun ketahanan pangan

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023