Jakarta (ANTARA) -
Desainer asal Inggris Stella McCartney membawakan peragaan busana musim semi 2024 di luar ruangan dengan tema bahan berkelanjutan di Paris Fashion Week.
 
Dikutip Reuters, Selasa, dengan pemandangan Menara Eiffel, Stella memperlihatkan desain penuh dengan produk-produk ramah lingkungan saat ia menampilkan koleksi gaun yang ringan dan feminin serta hot pants yang berkilau.
Model peragakan busana musim panas 2024 Stella McCartney di Paris Fashion Week (ANTARA/REUTERS/Stephanie Lecocq)
 
Baca juga: Lagu antiperang iringi penutupan peragaan busana Stella McCartney

Para model berjalan di trotoar dengan memamerkan jubah pendek mengembang, setelan jacquard emas, motif bunga berwarna-warni, jas berekor dan ikat pinggang, dengan bros cermin karya pemahat Andrew Logan menambah kilau ekstra.
 
Dengan menampilkan desain untuk perempuan dan laki-laki dalam barisan, McCartney mengatakan idenya adalah untuk menunjukkan bahwa siapa pun bisa memakai pakaian ini.
 
Menjuluki acaranya sebagai "Pasar berkelanjutan Stella", sang desainer juga menampilkan kain yang terbuat dari rumput laut dan apel, botol plastik daur ulang, koleksi pakaian anak-anak dan produk kecantikan masa lalu milik perusahaan multinasional 
barang mewah di bawah label LVMH.
 
Model peragakan busana musim panas 2024 Stella McCartney di Paris Fashion Week (ANTARA/REUTERS/Stephanie Lecocq)

Baca juga: Ada "kelinci besar" di peragaan busana Stella McCartney

"Ini pertama kalinya berada di runway. Inovasi rumput laut ini, dibuat dari rumput laut, berubah menjadi benang yang 100 persen bebas pestisida, 100 persen tidak menggunakan lahan, dan 70 persen lebih ramah lingkungan dibandingkan kapas mana pun," ucap McCartney, dikutip dari Hindustan Times, Selasa. 
 
McCartney juga mengambil inspirasi dari gaya tahun 70an yang dia ambil idenya dari desain baju orang tuanya dengan memadukan gaya yang manis dan penuh kasih.
 
Ia juga menyelipkan pesan agar memulai memikirkan lingkungan melalui peragaan busananya kali ini. 

Baca juga: Jamur-jamur dalam rancangan Stella McCartney
 
"Cobalah membawa botol air saat pergi keluar dan tas jinjing saat berbelanja lagi, dan berhenti mengonsumsi terlalu banyak pakaian karena kita tahu kita tidak membutuhkannya," ajak anak dari Paul McCartney ini.

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023