Banda Aceh (ANTARA) - Tim Pusat Riset Ilmu Kelautan dan Perikanan (PRKP) Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh menyebut Pulau Pusong atau Pulau Gosong di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) cocok dan berpotensi menjadi pusat pembibitan karang.

Ketua Tim PRKP USK Haekal A Haridhi di Banda Aceh, Selasa, mengatakan pihaknya telah melakukan penelitian terkait dengan kondisi terumbu karang di Pulau Pusong menggunakan kecerdasan buatan artificial intelligence (AI), yang juga sebagai upaya mendukung kemajuan ekowisata bahari.

“Jadi Pulau Pusong ini menjadi lokasi yang sangat strategis sebagai pusat tempat pelatihan dan pembibitan karang atau coral stock centre,” kata dia.

Ia menjelaskan ekosistem terumbu karang tidak tumbuh di semua wilayah pantai barat selatan Aceh. Terumbu karang hanya ada di wilayah Aceh Besar, Aceh Jaya, Abdya, Aceh Selatan, dan Aceh Singkil, namun tidak tumbuh di Aceh Barat dan Nagan Raya.

Menurut dia, kondisi tutupan terumbu karang di Pulau Pusong cukup bagus dan terjaga dengan baik. Apalagi, Pulau Pusong zona inti konservasi sehingga menjadi salah satu pulau strategis di wilayah barat selatan Aceh.

Beberapa jenis terumbu karang di Pulau Pusong, seperti Acropora, dengan bentuk pertumbuhan bercabang (branching), masif, submasif, berjari (digitate), karang lembaran dengan berbagai macam jenis karang lainnya.

“Ini menjadi suatu area yang sangat penting di pantai barat selatan Aceh dan menjadi suatu posisi yang strategis sebagai pusat pembibitan atau coral stock centre,” ujarnya.

Baca juga: Melirik potensi wisata selam Pulau Gosong di Aceh yang butuh sentuhan

Dia mengharapkan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat memanfaatkan segala potensi Pulau Pusong ke arah pengembangan untuk menjadi pusat pembibitan karang sekaligus menjadi destinasi baru sebagai ekowisata bahari.

“Tentu pusat pembibitan karang ini harus dideklarasikan oleh unsur terkait, apakah Pemerintah Aceh maupun Kementerian Kelautan dan Perikanan, karena ini terbuka peluang di sana,” ujarnya.

Pihak kampus, ujar dia, juga sudah mengantongi data hasil penelitian terkait dengan kondisi tutupan terumbu karang di bawah laut Pulau Pusong sehingga menjadi dasar pengembangan.

Sebelumnya, pihaknya melakukan rehabilitasi dan monitoring kondisi terumbu karang di Pulau Pusong menggunakan AI.  Kegiatan itumelibatkan Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSL) Padang Wilayah Aceh, Kelompok Masyarakat Pusong Diving Club (PDC) dan Organisasi Mahasiswa Ocean Diving Club (ODC) serta mahasiswa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) USK Program Studi Ilmu Kelautan FKP USK.

“Data-data itu kita harapkan menjadi bahan untuk pengembangan ekowisata bahari di Pulau Pusong, selain menjadi pusat pembibitan karang. Ini jadi destinasi baru untuk diving, sangat berpeluang tinggi, namun terkait fasilitas dan sarana perlu disediakan, di sana belum ada,” ujarnya.

Baca juga: Pertamina transplantasi karang jaga ekosistem laut Banyuwangi
Baca juga: Restorasi terumbu karang untuk investasi masa depan
Baca juga: Komunitas penyelam tanam terumbu karang di wisata hiu paus Botubarani

Pewarta: Khalis Surry
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023