saya tinjau lokasi kebakaran, sangat miris, di rumah-rumah kecil saya lihat kabelnya tua semua,
Jakarta (ANTARA) - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji menyebut pembaruan instalasi listrik yang sudah berusia tua bisa mengurangi risiko korsleting yang mengakibatkan kebakaran terutama di permukiman padat penduduk.

“Saat saya tinjau lokasi kebakaran, sangat miris, di rumah-rumah kecil saya lihat kabelnya tua semua, bahkan ada yang disambung sendiri dengan isolasi atau serabut seperti rambut,” kata dia dalam siniar Rabu Belajar Pemprov DKI Jakarta yang dipantau di Jakarta, Rabu

Dalam siniar yang membahas strategi Jakarta dalam memperingati bulan pengurangan risiko bencana itu, ia mengatakan, instalasi listrik yang masih kuno dan tidak dirakit dengan baik yang dibiarkan begitu saja menjadi salah satu faktor penyebab kebakaran di pemukiman padat di Jakarta.

“Saya jarang mendengar ada rumah mengganti instalasi listrik secara mandiri, apalagi di kawasan hunian padat,” kata dia.

Semakin banyak dan beragamnya jenis perangkat elektronik yang digunakan di rumah-rumah penduduk saat ini dibandingkan masa lalu membuat penggunaan listrik melonjak, ucapnya.

Oleh karena itu, instalasi listrik yang terpasang di rumah harus dipastikan mampu mengakomodasi tingginya penggunaan listrik sehari-hari.

Sementara itu, sebagai salah satu strategi memperbarui instalasi listrik di rumah warga, Isnawa mengatakan pihaknya tengah menggagas skema kerja sama tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSR) dengan perusahaan swasta.

“Sepertinya bisa kami adakan program kerja sama CSR, kami ajak perusahaan lakukan bedah instalasi listrik di rumah warga tidak mampu,” ucapnya.

BPBD memperkirakan biaya bedah instalasi listrik untuk sebuah rumah petak kecil berada di rentang harga Rp900 ribu hingga Rp1 juta.

Sehingga, sebagai contoh, apabila pihak swasta bersedia berkontribusi Rp100 juta untuk program bedah instalasi listrik tersebut tersebut, instalasi listrik pada 100 rumah petak warga miskin dapat diperbaiki.

“Kalau misalnya ada yang membantu Rp500 juta, maka 500 petak rumah bisa dibenahi,” kata dia.
Baca juga: Gulkarmat Jaksel duga kebakaran bedeng karena korsleting mesin air
Baca juga: Tiga rumah warga terbakar akibat korsleting listrik di Cakung
Baca juga: PLN Jaya minta warga tertib manfaatkan listrik guna cegah kebakaran


Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023