Maulid Akbar dan Tausiyah Kebangsaan ini pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Bogor
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Lintas instansi di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berkolaborasi menyiapkan kegiatan Maulid Akbar dan Tausiyah Kebangsaan yang akan diselenggarakan selama tiga hari pada 12-14 Oktober 2023.

Ketua Panitia Maulid Akbar dan Tausiyah Kebangsaan M Taufiq Arasj yang juga Komandan Pangkalan Udara Atang Senjaya (Danlanud Ats) M Taufiq Arasj di Bogor, Rabu, menjelaskan, kegiatan yang melibatkan elemen masyarakat itu akan berlangsung di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Bogor.

Ia mengatakan, kegiatan bertajuk "Dengan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Bangsa Indonesia Tidak Melupakan Sejarah Untuk Memperkokoh NKRI" juga melibatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

“Persiapan sedang kami matangkan bersama seluruh perangkat daerah. Karena Maulid Akbar dan Tausiyah Kebangsaan ini pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Bogor,” kata Taufiq.

Kegiatan ini akan diawali dengan ziarah di Taman Makam Pahlawan Pondok Rajeg, Cibinong, dengan dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dari Kota dan Kabupaten Bogor. Kemudian, dilanjut dengan Kirab Kebangsaan di Lapangan Tegar Beriman.

"Di hari yang sama juga akan digelar Festival Hadroh dengan peserta yang pernah menjuarai hadroh bersertifikat se-Bogor Raya," paparnya.

Baca juga: Peringati Maulid Nabi Muhammad, Menag Paparkan Kunci Sukses Nabi Muhammad Tata Kebinekaan
Baca juga: Pj Gubernur ajak umat Islam senantiasa teladani Nabi Muhammad SAW


Kemudian, hari kedua, akan ada Festival Marawis dan Qasidah yang akan dimeriahkan oleh peserta dari pesantren dan majelis taklim se-Bogor Raya. Lalu, pada puncak acara, Sabtu (14/10), akan hadir anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Maulana Al Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya.

"Turut meramaikan sejak hari pertama bazar yang diisi oleh 175 UMKM Kabupaten dan Kota Bogor yang ikut meramaikan Maulid Akbar tersebut," ungkap Taufiq.

Ia menargetkan kegiatan tersebut dihadiri sedikitnya 15 ribu orang dari wilayah Bogor Raya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin menekankan kepada jajarannya untuk terlibat dalam menyukseskan kegiatan Maulid Akbar dan Tausiyah Kebangsaan.

"Untuk keamanan kami juga akan libatkan Polri, TNI dan Satpol PP. Semua perangkat daerah akan bergerak sesuai tugasnya masing-masing, insya Allah akan berjalan aman dan sukses," kata Burhan.

Baca juga: "Maarak Bungo Lamang" budaya Solok Selatan saat Maulid Nabi
Baca juga: Keraton Kanoman gelar tradisi Panjang Jimat peringati Maulid Nabi
Baca juga: Wapres hadiri Maulid Nabi Muhammad dan Haul Ke-30 Abuya Amin

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023