Palembang (ANTARA News) - Ribuan umat Islam akan mengikuti zikir akbar memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW atau maulid di Masjid Agung Palembang, Sumatera Selatan, Selasa malam (14/1).

"Zikir akbar tersebut akan dihadiri 3.000 orang umat muslim termasuk unsur pejabat Pemprov Sumatera Selatan dan Pemkot Palembang," kata Ketua Umum Yayasan Masjid Agung Palembang Ansori Madani, Senin.

Menurut dia, peringatan hari kelahiran Rasulullah tersebut menjadi kegiatan rutin untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan umat muslim di daerah itu.

Dengan zikir akbar dan berdoa bersama tersebut akan mendorong menyebaran siar Islam secara berkelanjutan seperti yang diwariskan rasul.

Ia mengatakan, penyebarkan siar Islam dipastikan mampu mengangkat agama yang "Rahmatan lil alamin" ini.

Kegiatan tersebut menjadi salah satu upaya meningkatkan ketakwaan dan mengembalikan Islam sebagai agama tauhid dan Nabi Muhammad SAW teladan umat manusia seluruh dunia.

Dia menjelaskan, meneladani rasul menjadi langkah untuk mendorong terciptanya kedamaian dan keberkahan di dunia menuju kebahagiaan pada akhirat kelak.

Pesan-pesan dalam peringatan hari lahir rasul tersebut sangat kental dengan bagaimana menjaga kebersihan jiwa menjauhkan diri dari tindakan-tindakan yang merugikan, seperti memakan hak orang lain.

Ansori menambahkan, zikir akbar tersebut akan mendatangkan penceramah dari Pondok Pesantren Al Amin Madura H Tinjani.

Zikir akbar dan ceramah dimulai setelah melaksanakan salat maghrib berjamaah yang dihadiri 3.000 umat muslim se Kota Palembang.

Pewarta: Nila Ertina
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014