Kerja sama Kementerian Perhubungan dan UI sudah berjalan cukup lama, salah satunya adalah lewat kegiatan upgrading SDM di Kementerian Perhubungan melalui Program Master Degree di UI
Depok (ANTARA) - Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof Ari Kuncoro menerima penghargaan Apresiasi Kemitraan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait Riset dan Inovasi Transportasi Publik di UI.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Aset UI, Prof Dedi Priadi, mewakili Rektor UI menerima penghargaan yang diberikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

"Kerja sama Kementerian Perhubungan dan UI sudah berjalan cukup lama, salah satunya adalah lewat kegiatan upgrading SDM di Kementerian Perhubungan melalui Program Master Degree di UI," kata Dedi Priadi di Kampus UI Depok, Rabu.

Ia mengatakan ada juga program masyarakat transportasi dimana UI terlibat dalam riset yang melibatkan pakar-pakar dari Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi.

Ke depannya, menurut dia, ada banyak kegiatan yang dilakukan, salah satunya adalah pengembangan transportasi darat dengan pemanfaatan kendaraan listrik.

Baca juga: UI raih penghargaan peringkat pertama perguruan tinggi inovatif

"Kami berharap riset-riset bus listrik dan kereta cepat yang dilakukan UI bisa diimplementasikan bersama di Kementerian Perhubungan," ucapnya.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi Kementerian Perhubungan kepada UI karena menjadi salah satu perguruan tinggi yang aktif berkontribusi menghasilkan riset dan inovasi untuk perbaikan transportasi publik.

Selain Rektor UI, Apresiasi Kemitraan diberikan kepada tiga rektor lain yaitu Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Reini Wirahadikusumah, Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Ova Emilia, dan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof Mochamad Ashari.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan empat universitas ini diundang karena keempatnya adalah mitra sejati yang memberikan dukungan kepada Kementerian Perhubungan untuk kemajuan transportasi di Indonesia.

Baca juga: UI raih penghargaan tertinggi indikator kinerja utama

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023